Susah Bangun Tidur? Ini 5 Tips Agar tidak Telat Bangun Sahur
Ilustrasi telat bangun sahur (Foto: Nubelson Fernandes /Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda tidak makan sahur gara-gara terlambat bangun tidur? Jika pernah, tips agar tidak telat bangun sahur perlu Anda lakukan. Yuk, baca sampai habis.

Waktu makan sahur di Indonesia umumnya dilakukan pada pukul 03.00 sampai 04.00 pagi. Tergantung zona waktu dan wilayah masing-masing.

Karena sahur dilakukan pada pagi buta, banyak orang yang melewatkan makan sahur. Padahal, asupan makanan dan minuman saat sahur bisa memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk berpuasa seharian

Oleh sebab itu, perhatikan rangkuman tips agar tidak telat bangun sahur berikut ini.

Tips Agar tidak Telat Bangun Sahur

1. Hindari makan berlebihan saat buka puasa

Makan berlebihan saat buka puasa sangat tidak dianjurkan. Selain bisa meningkatkan berat badan, terlalu banyak makan akan membuat Anda jadi merasa lebih lelah dan tidak bertenaga. Kondisi ini bisa membuat Anda telat bangun pagi untuk makan sahur.

Terkait hal ini, Anda bisa berbuka dengan kurma dan air putih ataupun makanan kecil yang menyehatkan. Sedangkan untuk makan besar, bagi porsinya sebagai berikut:

  • Sayur menutupi setengah piring
  • Karbohidrat menutupi seperempat piring
  • Protein menutupi seperempat piring

2. Tidur lebih awal

Tips agar tidak telat bangun sahur yang berikutnya adalah mengatur jadwal tidur lebih awal.

Mengubah waktu tidur memang merupakan hal yang sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Anda bisa mencobanya secara bertahap, dengan menggeser waktu tidur beberapa menit lebih awal. Misalnya, tidur 15 menit lebih awal dari biasanya. Jika sudah terbiasa, pangkas lagi 15 menit, begitu seterusnya.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein beberapa jam sebelum tidur. Sebagai gantinya, Anda bisa meminum susu hangat atau menyantap pisang. Pasalnya, makanan dan minuman ini bisa membuat Anda cepat mengantuk.

3. Jangan berolahraga larut malam

Pada saat bulan Ramadan, beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga menjelang atau setelah berbuka puasa. Ini merupakan hal yang baik, akan tetapi olahraga yang dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur bisa membuat Anda sulit tidur.

Olahraga dapat memicu perubahan komposisi hormon dalam tubuh. Aktivitas fisik seperti berolahraga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan membuat kamu semakin terjaga.

4. Aplikasikan sleep hygiene

Sleep hygiene atau kebiasaan tidur yang sehat bisa membuat Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan demikian, Anda tidak akan sulit untuk bangun sahur.

Berikut cara menerapkan sleep hygiene untuk mendapatkan tidur yang berkualitas:

  • Pergi tidur secara teratur di jam yang sama
  • Melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur, seperti mandi air hangat, meditasi, atau membaca buku
  • Mengurangi penggunaan gawai mendekati jam tidur
  • Tidak makan berlebihan mendekati jam tidur

5. Letakkan alarm jauh dari jangkauan tangan

Tips agar tidak telat bangun sahur yang terakhir adalah memasang alarm dan meletakkannya di luar jangkauan tangan atau sedikit lebih jauh dari tempat tidur.

Metode ini akan membuat Anda terbangun dan bangkit dari tempat tidur untuk mematikan alarm yang berbunyi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah terbangun ketika menekan tombol alarm dari tempat tidur.

Demikian informasi tentang tips agar tidak telat bangun sahur. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.