6 Menu Praktis saat Telat Bangun Sahur, Tetap Bergizi untuk Stamina Puasa
Menu praktis saat telat bangun sahur (Unsplash/Torbjørn Helgesen)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Terlambat bangun sahur tentunya akan membuat Anda panik dan tergesa-gesa ingin makan. Saat waktu sudah mendekati azan Subuh, Anda ingin mencari makanan yang praktis atau mudah dikonsumsi. Ada beberapa menu praktis saat telat bangun sahur yang bisa Anda pilih.

Meski terlambat bangun, Anda tetap harus menyempatkan untuk sahur. Menyantap sedikit makanan bisa mengisi energi untuk menjalani puasa dibandingkan tidak makan sama sekali. Ada beberapa makanan yang bisa cocok Anda konsumsi saat sahur mendekati imsak. 

Namun meski Anda sahur di waktu yang mepet, makanan yang dikonsumsi juga harus bergizi. Asupan sahur sangat penting untuk mengisi energi tubuh agar kuat berpuasa. Lantas apa saja menu praktis saat telat bangun sahur?

Menu Praktis saat Telat Bangun Sahur

Orang yang tidak menyempatkan sahur saat berpuasa maka termasuk orang yang merugi. Walaupun waktu untuk sahur masih tersisa sedikit, Anda masih bisa menyantap makanan yang sehat untuk sahur. Berikut ini sejumlah makanan pilihan saat terlambat sahur. 

Telur Rebus

Salah satu menu praktis yang bisa Anda konsumsi saat telat bangun sahur adalah telur rebus. Telur rebus bisa Anda santap secara mudah, cukup dengan mengupas cangkang kulitnya kemudian memakan isinya. Anda juga bisa mencampurkan telur rebus dengan salad sayuran yang berisi tomat, jagung, selada, atau potongan wortel kecil agar semakin kaya asupan nutrisinya. 

Proses merebusnya telur juga tidak butuh waktu lama, hanya 8-10 menit saja. Akan lebih baik lagi jika Anda menyetok atau menyimpan telur yang sudah direbus, sehingga Anda tinggal menyantapnya saja.

Oatmeal

Pilihan menu praktis lainnya yang cocok disantap saat telat bangun sahur adalah oatmeal. Oatmeal adalah makanan yang mudah disajikan karena Anda tinggal menyeduhnya saja. Anda juga bisa menyiapkan oatmeal pada malam harinya, lalu disimpan dalam kulkas untuk dimakan saat sahur. 

Oatmeal biasanya dicampur dengan susu dan madu. Meski cara mengolahnya cukup mudah atau instan, oatmeal memiliki kandungan zat besi dan kaya akan serat yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Roti Gandum

Roti gandum juga bisa menjadi pilihan menu praktis saat telat bangun sahur. Daripada membeli roti tawar, lebih baik Anda menyiapkan roti gandum di kulkas. Menurut penelitian, serat yang terkandung dalam gandum dapat membuat kenyang lebih lama. 

Roti gandum bisa disantap langsung atau tanpa tambahan apapun dan sudah terasa nikmat. Anda juga bisa menyantap roti gandum dengan kreasi, seperti membuat sandwich berisi telur dan daging. 

Sereal

Makanan lainnya yang cocok dimakan ketika Anda telat bangun sahur adalah sereal. Sereal merupakan makanan yang penyajianya sangat praktis. Anda bisa menyantap serela dengan tambahan susu dan potongan buah sebagai pelengkapnya. 

Sebaiknya Anda memilih sereal yang terbuat dari gandum dan biji-bijian karena akan memberi rasa kenyang lebih lama. Sereal juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti karbohidrat kompleks, vitamin, dan serat. 

Sarden

Sarden juga bisa Anda pilih sebagai makanan saat telat bangun sahur. Sarden merupakan makanan yang pengolahannya sangat praktis. Anda cukup memanaskan isi dalam kaleng sarden selama 2-3 menit. Sarden yang berisi ikan beserta kuah kentalnya bisa Anda santap dengan nasi. 

Jadi setidaknya Anda menyimpan beberapa kaleng sarden di rumah untuk jaga-jaga kalau Anda telat bangun sahur. Sarden juga mengandung gizi tinggi karena bahan dasarnya adalah ikan laut. 

Frozen Food

Frozen food atau makanan beku juga menjadi makanan praktis yang cocok disantap bagi yang telat bangun sahur. Cara menyajikan makanan ini yakni tinggal memanaskan, bisa direbus, digoreng, atau dikukus. Jadi Anda perlu menyimpan makanan beku di kulkas untuk berjaga apabila sahur dalam waktu mepet. Beberapa pilihan frozen food yang bisa Anda beli, di antaranya nugget, pempek, dimsum, dan lainnya. 

Demikianlah rekomendasi menu praktis saat telat bangun sahur. Jadi meskipun Anda terpaksa sahur mendekati waktu imsyak, Anda masih bisa mengonsumsi makanan praktis dan tetap bergizi dengan memilih menu di atas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.