6 Latihan Fisik Sepak Bola Agar Napas Tahan Lama, Yuk Aplikasikan Biar Nggak Gampang Lelah
Ilustrasi olahraga sepak bola. (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Melakukan latihan fisik sepak bola agar napas tahan lama sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, sepak bola termasuk olahraga yang sangat menguras stamina.

Dengan melakukan latihan fisik, para pesepakbola dapat meningkatkan kelincahan, kekuatan, fungsi kaki dan otot, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Lantas, apa saja latihan fisik sepak bola agar napas tahan lama? Simak informasi selengkapnya berikut ini

Latihan fisik sepak bola agar napas tahan lama

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa latihan fisik yang umum dilakukan para pemain sepak bola agar napas tahan lama:

  1. Berenang

Berenang termasuk latihan fisik yang umum dilakukan para pemain sepak bola. Olahraga ini mengeksplorasi semua anggota tubuh dan dapat meningkatkan kapasitas pernafasan.

Tak hanya itu, berenang juga akan meningkatkan kekuatan otot serta melatih tubuh, sehingga Anda bisa melakukan transisi menuju gerakan santai dan langsung tanggap saat melakukan gerakan eksplosif.

  1. Latihan ketahanan

Ini adalah latihan yang mengombinasikan jogging dan sprint. Anda bisa melakukan latihan ini ketika berlari mengitari lapangan selama kurang lebih 20-30 menit.

Latihan ketahanan diperlukan untuk meningkatkan stamina. Selain itu, latihan ini dapat membantu tubuh beradaptasi dengan lari konstan sesuai dengan apa yang terjadi ketika bermain bola.

  1. Squat jump

Latihan squat jump sangat efektif untuk membangun otot paha sehingga gerakan tubuh ketika bermain sepak bola bisa semakin efisien.

Cara melakukan squat jump mirip dengan squat biasa. Perbedaannya Anda harus melompat, dan ketika mendarat kakinya harus kembali ke posisi squat.

Semakin sering Anda berlatih squat jump maka otot kaki bisa jadi lebih kuat, mengingat olahraga sepak bola sangat mengutamakan kekuatan kaki secara penuh.

  1. Plank

Plank merupakan latihan untuk membentuk otot di bagian perut. Meski demikian, latihan ini perlu dilakukan oleh atlet karena dapat meningkatkan stamina.

Latihan plank dapat membuat otot disekitar perut, punggung, dan pinggul pentong menjadi seimbang, sehingga stabilitas tubuh menjadi baik.

Selain itu, latihan plank dapat membentuk efisiensi gerakan, sehingga atlet tak akan kehilangan banyak energi ketika bermain sepak bola.

  1. Lari tangga

Latihan fisik lari tangga sangat baik untuk mengembangkan daya tahan dan kecepatan pemain sepak bola. Dalam latihan ini otot dipaksa mengerahkan kekuatan penuh dalam interval pendek.

Dengan melakukan lari tangga, otot tendon, ligament menjadi lentur dan berkontraksi dengan cepat. Latihan ini jelas membantu meningkatkan stamina.

Latihannya cukup sederhana. Manfaatkan tangga di stadion atau di rumah untuk melakukan latihan ini. Berlarilah di tangga selama 30 detik, lalu turun dengan berjalan. Setelah nafas teratur, lakukan lagi latihan ini sebanyak 5 kali pengulangan.

  1. HIIT

High-Intensity Interval Training (HIIT) merupakan latihan intensitas tinggi dengan durasi singkat, tetapi cukup ampuh untuk meningkatkan kemampuan fisik atlet.

Latihan HIIT mencakup jogging, lari cepat atau sprint, high knees, lunges, jumping jacks, burpees, dan masih banyak lagi.

Menurut riset, menambahkan 30 menit HIIT ke dalam rutinitas latihan bisa membantu meningkatkan denyut oksigen (O2).

Demikian informasi tentang enam latihan fisik sepak bola agar napas tahan lama. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.