Bagikan:

YOGYAKARTA – Tinju termasuk salah satu jenis olahraga tarung atau combat sports yang populer di dunia. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas teknik pukulan tinju yang kerap digunakan petinju ketika bertarung di atas ring.

Teknik Pukulan Tinju

Sedianya, ada empat teknik dasar pukulan dalam olahraga tinju, antara lain jab, straight, hook, dan uppercut. Akan tetapi, seiring perkembangannya, empat jenis pukulan dasar itu mengalami perkembangan karena ada peningkatan kualitas dari petinju.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 11 teknik pukulan tinju yang perlu Anda ketahui:

  1. Jab

Pukulan jab merupakan pukulan lurus ke depan yang diarahkan ke badan atau muka lawan. jenis pukulan ini berfungsi untuk mengganggu konsentrasi lawan atau menjadi pukulan pembuka ketika melancarkan serangan.

  1. Straight

Pukulan straight adalah pukulan keras dan lurus yang diarahkan ke wajah lawan. Pukulan ini dapat diarahkan dengan jarak sepanjang lengan ke segala arah baik olehtangan kanan maupun tangan kiri.

Dikutip dari laman lib unnes, jika pukulan straight dilancarkan dengan tangan kanan maka pindahkan berat badan ke kaki kiri, pinggang putar bahu ke depan dengan berporoskan garis tengah badan dan luruskan lengan kanan kea rah sasaran sejauh jangkauan lengan. Kaki kanan menunjang gerakan pinggul tetapi jangan sampai melampaui posisi kaki kiri akan tetapi masih berada pada posisi semula dengan hanya mengangkat tumit.

  1. Hook

Pukulan hook adalah pukulan menyudut yang dapat dilakukan ke segala arah. Serangan dengan pukulan hook bisa dilakukan menggunakan kedua tangan, yakni kiri dan kanan.  Teknik ini paling sering dianggap sebagai pukulan mematikan sehingga memang sangat berbahaya bagi lawan.

  1. Uppercut

Uppercut adalah pukulan dari arah bawah yang kemudian memotong kea rah atas. Pukulan ini berefektivitas tinggi ketika diaplikasikan kepada lawan yang memiliki kebiasaan menundukkan kepalanya sehingga bisa menjadi senjata ampuh dalam menjatuhkan.

  1. Jab and grab

Teknik pukulan jab and grab adalah pukulan campuran antara melakukan penyerangan dan juga bertahan di saat yang sama. teknik ini bisa menjadi titik lemah lawan ketika ia sedang menerima pukulan.

  1. Check hook

Teknik ini dapat menjadi alternatif ketika petinju kesulitan mencari titik lemah lawan. Pukulan lurus merupakan cara terbaik untuk dilakukan kepada lawan sebagai cara mengelabuinya.

  1. The Haymaker

The Haymaker merupakan teknik pukulan yang digunakan oleh petinju ketika lawan sudah kehilangan banyak tenaga. Saat lawan sudah menjadi lemah, pancinglah untuk memberikan pukulan, dan ketika tangan lawan sudah siap melakukan pukulan, tangis dengan cepat lalu pukul wajahnya secara cepat dan tepat.  

  1. Bolo punch

Bolo punch atau pukulan berayun panjang termasuk ke dalam pukulan yang dapat mengelabuhi lawan. Ketika melakukannya, keluarkan sedikit tenaga dan saat lawan berhasil dikecoh oleh pukulan pertama, keluarkan tenaga maksimal pada tangan untuk mendaratkannya ke arah wajah lawan secara cepat dan tepat.

  1. Long hook

Long hook adalah pukulan yang dilancarkan dari jarak jauh. Long hook merupakan pukulan gabungan antara pukulan hook dan straight.

  1. Cross

Ini adalah teknik pukulan gabungan antara uppercut dan straight. Sasaran utama pukulan ini adalah bagian rahang dan perut lawan.

  1. Rabbit punch

Pukulan kelinci atau rabbit punch adalah pukulan ke bagian belakang kepala atau ke pangkal tengkorak. Dalam tinju, rabbit punch termasuk pukulan yang dilarang karena bisa mengancam nyawa lawan. Petinju dengan teknik ini akan melancarkan pukulan dari atas ke bawah ketika lawan sedang dalam posisi menunduk.

Demikian informasi tentang 11 teknik pukulan tinju. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.