Bagikan:

YOGYAKARTA – Masing-masing negara memiliki ilmu bela diri yang khas. Bahkan ilmu bela diri tiap negara memiliki perbedaan satu sama lain mulai dari jurus, gerakan, hingga namanya. Dari sekian banyak jenisnya, mana bela diri terkuat di dunia yang digunakan sebagai sarana bela diri dan olahraga?

Bela Diri Terkuat di Dunia

Menentukan mana bela diri yang paling kuat bukan hal yang mudah karena belum ada patokan yang bisa digunakan secara global. Namun, beberapa bela diri ini sering disebut memiliki daya hancur kepada lawan yang tinggi. Berikut daftarnya.

  1. Ninjutsu

Bela diri ini berasal dari Jepang. Ninjutsu awalnya digunakan sebagai ilmu bertarung atau membunuh tanpa suara yang dipraktikkan pada zaman Yamabushi pada tahun 593. Bela diri ini dikenal sangat mematikan karena praktiknya digunakan dalam keheningan dan menggunakan senjata tajam yang mematikan.

  1. MCMAP

Marine Corps Martial Arts Program atau MCMAP adalah bela diri yang dikembangkan oleh Korps Marinir Amerika Serikat. Seni bela diri jarak dekat ini dikenal cukup mematikan karena diciptakan untuk melucuti senjata tajam yang digunakan musuh untuk melukai namun tanpa membunuh lawan. Bela diri ini memadukan banyak teknik bela diri seperti Kung Fu, Judo, Tae Kwon Do, Jujutsu, Karate Okinawa, bahkan Tinju.

  1. Silat

Teknik bela diri silat cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Silat digunakan untuk melawan musuh dalam jarak dekat baik dengan atau tanpa senjata.

Silat jadi sangat mematikan karena gerakannya mengandalkan kekuatan yang memadukan kekuatan utuk melumpuhkan musuh. Hingga saat ini silat banyak diajarkan di berbagai negara, khususnya di Indonesia.

Silat juga diakui dunia sebagai seni bela diri yang mematikan, terbukti dari banyaknya film Hollywood yang menggunakan koreografi silat untuk laga mereka, seperti film The Raid dan John Wick.

  1. Krav Maga

Krav Maga jadi sangat mematikan karena bela diri ini didasarkan pada penggunaan senjata tajam dan senjata api secara efisien. Senjata ini yang membuat tingkat kematian lawan cukup tinggi.

Krav Maga dikenalkan pada 1930 di Israel. Bela diri ini biasanya digunakan oleh pasukan militer untuk membantu mereka mempertahankan diri saat tak memiliki senjata.

  1. Kung Fu

Bela diri Kung Fu ternyata jadi salah satu bela diri tertua di dunia. Kung Fu berasal dari Tiongkok yang mengandalkan kecepatan meski dengan tangan kosong. Kecepatannya ini akan membuat musuh terbunuh hanya dengan hitungan menit.

Selain kecepatan, Kung Fu juga mengandalkan kekuatan dari kepala hingga kaki yang diperkuat dengan keseimbangan tubuh.

  1. Brazilian Jiu-Jitsu

Bela diri ini dipopulerkan di Brazil oleh Mitsuyo Maeda yang menekankan kemampuan pertahanan dalam pertarungan. Seseorang yang menggunakan teknik ini akan jadi dominan dalam pertarungan lantai jarak dekat.

Brazilian Jiu-Jitsu bisa jadi mematikan karena akan mengunci sendi lawan dengan erat. Tak peduli lawan sebesar apa, ia akan dibuat cidera berat mulai dari patah tulang hingga berhentinya penapasan sampai mati. Teknik bela diri ini juga banyak digunakan dalam pertarungan MMA.

  1. Bokator

Bela diri ini berasal dari daerah Kamboja yang berkembaang sekitar 1700 tahun yang lalu. Tingkat kematian bokator cukup tinggi. Bahkan pernah seorang prajurit Kamboja membunuh singa hanya dengan satu serangan lutut saja.

Bela diri bokator juga mengambil gerakan hewan seperti gerakan elang, kuda, ular, singa, dan masih banyak lagi. Bokator juga akan mengandalkan siku, lutut, kuncian, bantingan, pukulan, dan sebagainya.

Itulah beberapa bela diri terkuat di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.