Teknik Dasar Jiu Jitsu yang Ampuh Lumpuhkan Lawan Seketika
Ilustrasi Jiu Jistu (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik dasar Jiu Jistu adalah salah satu hal yang wajib dikuasai oleh seorang atlet bela diri asal Jepang tersebut, terlebih oleh para atlet olimpiade. Jika teknik dasar sudah berhasil dikuasai, maka pengembangan bela diri akan semakin mudah.

Teknik Dasar Jiu Jitsu

Jiu-jitsu adalah bela diri yang sifatnya defensif dengan memanfaatkan teknik-teknik yang tidak hanya sekadar membutuhkan kekuatan namun fleksibel tubuh. Dalam pandangan bela diri ini, serangan dari lawan tak dibendung dengan kekuatan namun dengan mengembalikan serangan sehingga bisa digunakan untuk mengalahkan lawan itu sendiri.

Harus diketahui bahwa teknik dasar jiu-jitsu memiliki perbedaan dengan olahraga bela diri lain. Dalam Jiu Jitsu yang jadi teknik dasar adalah kuncian dan jatuhan. Berikut ini beberapa teknik dasar jiu-jitsu yang perlu diketahui.

  1. Kuncian

Teknik kuncian adalah upaya untuk menghentikan pergerakan lawan hingga ia lelah dan menyerah untuk melakukan pergerakan. Tidak hanya membantu melumpuhkan, kuncian bisa juga merenggut nyawa lawan sehingga cukup berbahaya untuk dilakukan.

Salah satu kuncian Jiu Jitsu yang cukup ampuh adalah kuncian kaki. Penggunaan kaki pada teknik ini dinilai efektif mengingat kaki punya energi yang lebih besar dibanding tangan. Saat musuh terkena teknik ini mereka akan jatuh dan cepat menyerah.

  1. Teknik Take Down

Dalam kompetisi, teknik ini banyak digunakan karena cukup efektif menjatuhkan lawan dan menapatkan poin. Lawan akan rubuh dan pergerakannya semakin terbatas ketika terkena teknik take down.

  1. Teknik gulat

Teknik gulat adalah teknik mengunci lawan dengan menggunakan badan sendiri sebagai pengunci lawan. Cara ini juga cukup sering dipakai oleh para atlet. Cara menggunakan teknik gulat adalah dengan mendorong lawan ke depan agar jatuh. Setelah itu cengkram badan atau pakaian lawan sembari mendorong badannya agar lebih mudah dikunci.

Itulah beberapa teknik dasar Jiu Jitsu. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.