Bagikan:

JAKARTA – Tim voli Jakarta Bhayangkara Presisi (JBP) membawa optimisme saat bertolak menuju Bahrain untuk mengikuti Asian Men's Volleyball Championship (AVC) 2023 mewakili Indonesia.

Kejuaraan tersebut akan berlangsung di Bahrain 14-21 Mei 2023 mendatang. Jakarta Bhayangkara Presisi berangkat ke sana dengan modal sejumlah pemain tim nasional Indonesia dan dilepas secara resmi di Mutiara Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Kamis, 11 Mei malam.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Imam Sudjarwo mengatakan dirinya berharap besar pada tim ini. Dia pun optimis JBP bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

”Yang pasti pertama kita harus optimis. Kenapa bisa optimis? Karena [tim] ini penggemblengannya luar biasa. Mereka digembleng di Proliga empat bulan. Kemudian persiapan ke SEA Games Kamboja 2023,” kata dia.

”Itu artinya dari kemampuan individu mereka sudah matang. Jadi, pasti kualitas sudah meningkat. Kami juga bisa melihat peta-peta yang lain. Dari 16 tim kami tahu peta kekuatan mereka. Jadi, saya optimis akan tampil terbaik,” ia menambahkan.

Untuk menghadapi ajang di atas, JBP mendapat asupan tambahan serta perombakan di sektor pelatih hingga para atletnya. Tim runner up Proliga 2023 ini bahkan mendapat tambahan pelatih tim nasional voli putra Indonesia Jeff Jiang Jie.

Juru taktik asal China tersebut bakal berkolaborasi dengan pelatih Reidel Alfonso Toiran dan Ayip Rizal. Selain itu, sejumlah penggawa timnas juga ikut memperkuat tim yang baru saja bertolak ke Bahrain pada Jumat, 12 Mei dini hari tadi.

Pemain timnas yang bergabung di antaranya adalah Farhan Halim, Hendra Kurniawan, Nizar Zulfikar, Hernanda Zulfi, dan Hendra Kurniawan. Nama-nama ini baru saja membawa Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja.

Manajer Tim Jakarta Bhayangkara Presisi Irjen Pol Pipit Rismanto berharap semangat pemain-pemain yang baru saja membawa Indonesia mendapat medali emas di Kamboja bisa terus terjaga hingga ke Bahrain.

”Saya optimistis. Pertama, tim ini memiliki kepala pelatih yang berpengalaman. Kedua, setelah juara di SEA Games Kamboja tentunya membawa motivasi yang luar biasa. Saya yakin di sana semangat juara kemarin terbawa. Kalau bisa, menjadi yang terbaik,” kata dia.

Sementara itu, sebagai sponsor utama, Pertamina yang diwakili VP Corporate Communication Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya JBp yang mewakili Indonesia berlaga di AVC 2023.

”Pertamina berkomitmen untuk mendukung penuh tim Jakarta Bhayangkara Presisi sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia untuk berlaga di kejuaraan Asia. Kami ucapkan selamat bertanding, semoga kontribusi kami dapat memberikan yang terbaik untuk negeri,” ujar dia.

Secara keseluruhan terdapat 16 tim yang bersaing dalam kejuaraan bola voli antarklub bergengsi tersebut. Bhayangkara mendapat kesempatan bersaing setelah juara Proliga 2023 Jakarta LavAni Allo Bank memutuskan absen.

Berdasarkan hasil drawing, Bhayangkara yang masuk Pool A akan bersaing dengan tiga tim lainnya yakni Alahli Sport Club (Bahrain), Korean Air Jumbos Pro-Volleyball Club (Korea Selatan), dan Canberra Heat (Australia).