5 Pertarungan <i>Blockbuster</i> yang Bisa Diwujudkan Mantan Juara Dunia UFC Francis Ngannou di Ring Tinju
Mantan juara UFC, Francis Ngannou. (Foto: Twitter/@francis_ngannou)

Bagikan:

JAKARTA — Lima pertarungan tinju potensial yang kemungkinan akan dijalani oleh Francis Ngannou mulai dibicarakan setelah juara kelas berat itu meninggalkan UFC, pekan lalu.

Seniman bela diri campuran itu sepertinya akan segera membuka jalan menuju ring tinju untuk mewujudkan impian masa kecilnya. Itu setelah Ngannou gagal menyepakati kontrak baru dengan UFC.

Sang petarung keluar dari promosi tersebut saat masih berstatus sebagai juara kelas berat. Oleh karenanya, gelar itu pun telah dikosongkan oleh perusahaan promosi bela diri campuran paling terkenal tersebut.

Setelah resmi hengkang dari UFC, Ngannou pun mengonfirmasi ingin mengejar mimpinya di tinju. Nah, berikut ini lima duel potensi jika ia benar-benar naik ke ring tinju.

Tyson Fury

Pilihan yang paling pertama adalah juara WBC nomor satu dunia berusia 34 tahun ini. Sejauh ini Fury mencatat rekor mengesankan belum pernah kalah dalam 34 pertarungan (24 KO).

Promotor Fury dari Amerika Serikat, Bob Arum, telah memberikan lampu hijau untuk pertarungan ini sebelumnya. Ia kabarnya optimistis pembicaraan untuk mewujudkan laga ini bakal berjalan mudah.

Deontay Wilder

Wilder, 37 tahun, adalah opsi lain yang telah dibicarakan Ngannou sebelumnya. Jika terwujud, duel kedua petarung ini dijamin akan menjadi blockbuster bagi para penggemar.

Keduanya dianggap sebagai dua petarung terbesar di dunia saat ini. Oleh karena itu, pertemuan mereka di atas ring otomatis menjanjikan sebuah prospek yang sangat eksplosif.

Anthony Joshua

Joshua, 33 tahun, juga disebut oleh Ngannou sebagai lawan tinju yang potensial. "Tyson Fury atau Anthony Joshua akan menjadi lawan ideal pertama saya," demikian kata dia sebelumnya di The Sun.

Saat ini Joshua sedang berupaya untuk comeback di ring tinju setelah menderita kekalahan ketiga dalam kariernya saat duel ulang dengan jagoan Ukraina Oleksandr Usyk pada Agustus lalu.

Dillian Whyte

Nama yang tidak bisa dilewatkan dalam daftar calon lawan potensial Ngannou adalah Whyte, yang baru saja bangkit dari kekalahan melawan Fury dengan kemenangan angka atas Jermaine Franklin pada November lalu.

Whyte saat ini masuk dalam salah satu calon lawan Joshua, yang siap naik ring lagi pada April mendatang. Eddie Hearn sebelumnya memberi sinyal, duel Whyte dan Joshua terjadi di musim panas tahun ini. Jadi, Ngannou bisa mencari waktu setelahnya.

Derek Chisora

Chisora baru saja dikalahkan oleh Fury dalam pertarungan sepuluh ronde pada Desember lalu. Meski demikian, ia masih mengesampingkan untuk pensiun.

Petarung berusia 38 tahun itu sebelumnya bahkan mengaku tertarik menjajal dunia seni bela diri campuran. 

Rencana itu bahkan dibarengi dengan menantang Ngannou. "Saya akan mencoba untuk melawan Ngannou. Saya ingin melakukannya di UFC dan tinju," ujar dia dilansir The Sun.