Bagikan:

YOGYAKARTA - MMA acap kali disebut sebagai wujud pertarungan paling murni. Ini menggabungkan bermacam-macam tipe seni bela diri menjadi satu. Sebab itu, orang acap kali berdaya upaya bahwa tak ada peraturan di dalam ring dan semuanya boleh. Yah, itu tak sepenuhnya benar. Nyatanya ada teknik kuncian UFC yang dilarang loh!

Kembali pada 1990-an, slogan UFC adalah, "Tidak ada aturan." Namun nyatanya, ada beberapa; menggigit dan mencungkil mata adalah ilegal, tetapi hal-hal seperti menanduk kepala, menarik rambut, dan memukul selangkangan tidak apa-apa. Hari ini, aturannya telah berubah, dan ada daftar langkah ilegal yang tepat.

Meskipun pertarungan UFC terkadang terlihat brutal dan kejam (karena pukulan, tendangan, siku, lutut, lemparan ke bawah, penyerahan, pencopotan, gulat, dll.), Ini tetaplah olahraga. Sebagai olahraga, hal pertama yang selalu diperhatikan adalah keselamatan para petarung. Jadi, tidak semuanya diperbolehkan di dalam kandang. Masih ada beberapa aturan tentang apa yang ilegal.

Beberapa gerakan yang dapat dilakukan (sengaja atau tidak sengaja) dapat menyebabkan kerusakan parah pada lawan, sehingga dilarang. Di sini, kami memberikan daftar lengkap gerakan yang ilegal di dalam kandang.

Teknik Kuncian UFC yang Dilarang

Piledriving

Piledriving adalah teknik yang digunakan dalam gulat profesional di mana petarung menahan lawan, membalikkannya, dan mengarahkan kepala mereka ke matras.

Meskipun sering digunakan di WWE, kita berbicara tentang Pertarungan Nyata, itu dilarang di MMA karena dapat menyebabkan kerusakan besar pada tulang belakang.

Teknik ini mungkin paling dikenal oleh penggemar gulat sebagai teknik penyelesaian khas Undertaker. Mengingat itu, leher Owen Hart dipatahkan dengan teknik yang sama persis. Piledriving juga menjadi alasan utama mengapa Stone Cold meninggalkan WWE.

Jadi, sebelum mencoba teknik ini di UFC, pertimbangkan saja bagaimana pengaruhnya terhadap lawan Anda; perlu diingat bahwa UFC sama sahnya dengan kompetisi MMA mana pun.

Deretan Teknik Terlarang di UFC

Pengait Ikan

Teknik "kail ikan" melibatkan memasukkan jari dari satu atau kedua tangan ke dalam mulut, hidung, atau lubang lain lawan dan mendorong menjauh; ini biasanya dilakukan dengan tujuan menarik, merobek, atau mengoyak jaringan.

Salah satu hal terburuk yang dapat dilakukan seseorang terhadap lawannya adalah mengail ikan. Anda pasti akan didiskualifikasi karena perilaku tidak sportif ini.

Mengaitkan ikan sangat dilarang di UFC dan kemungkinan merupakan tindakan paling melanggar hukum yang dapat dilakukan seorang petarung selama pertarungan. Terlepas dari kenyataan bahwa teknik ini diajarkan sebagai pertahanan diri dalam beberapa seni bela diri, itu dilarang keras di UFC dan olahraga pertarungan lainnya.

Headbutt

Headbutt adalah pukulan tepat ke kepala yang biasanya melibatkan penggunaan bagian tengkorak yang kokoh. Tulang terkuat di dahi atau belakang tengkorak digunakan dalam headbutt paling kuat untuk memukul area paling sensitif lawan, termasuk mata dan hidung.

Meskipun puntung kepala diizinkan di Lethwei, salah satu MMA paling mematikan, namun tidak diizinkan dalam pertandingan UFC.

Ini adalah salah satu manuver ilegal UFC yang paling kontroversial. Headbutt biasanya diterima sepenuhnya di UFC. Mereka tidak sekarang. Mengapa? Menanduk lawan dapat mengakibatkan trauma otak yang serius dan kerusakan seumur hidup yang tidak dapat diperbaiki. Jika diizinkan, kami mungkin akan mengamati beberapa cedera parah di dalam kandang karena relatif mudah dilakukan.

Headbutt dapat menyebabkan beberapa luka parah dan pendarahan pada bagian wajah yang sensitif, seperti hidung atau mata.

Apakah Anda ingat momen UFC 259 ketika Cruz Dominick secara tidak sengaja menanduk Cejudo? Cejudo menderita luka parah di dekat alisnya dan mulai mengeluarkan banyak darah.

12-6 Siku

Siku 12-6 adalah serangan yang digunakan dalam olahraga pertarungan seni bela diri campuran. Secara resmi dikenal sebagai "serangan siku ke bawah". Serangan siku bergerak dari lurus ke atas (jam 12) ke lurus ke bawah (jam 6).

Tidak diragukan lagi bahwa mereka perlu dilarang karena mereka dapat membahayakan otak lawan secara serius. Dimungkinkan untuk didiskualifikasi karena menggunakan 12-6 siku.

Jon Jones harus disebutkan saat membahas 12-6 siku. Jones menghadapi Mark Hamill dalam pertarungan UFC keempatnya. Jones memukul Mark Hamill dengan beberapa siku 12-6 sambil mendominasi pertarungan secara menyeluruh dan mengalahkannya, yang menyebabkan Jones didiskualifikasi.

Selangkangan Menyerang

Pukulan yang disengaja ke daerah selangkangan lawan disebut serangan selangkangan. Karena kepekaan daerah selangkangan dan alat kelamin, teknik yang kadang-kadang digunakan sebagai taktik pertahanan diri ini dapat dengan cepat melemahkan.

Pukulan pada pangkal paha sering terjadi secara tidak sengaja, seperti halnya headbutt. Meski petarung diharuskan memakai cangkir, tendangan yang tidak disengaja ke pangkal paha pun bisa terasa cukup menyakitkan. Seorang petarung mendapat waktu lima menit untuk pulih setelah menerima pukulan atau tendangan ke pangkal paha. Jika ia tidak dapat pulih dalam waktu yang ditentukan, pertandingan tersebut dapat dinyatakan tidak ada kontes atau dapat didiskualifikasi.

Pada UFC 55 tahun 2005, Alessio Sakara secara tidak sengaja menerima serangan selangkangan paling brutal oleh lawannya Ron Faircloth. Pertarungan dinyatakan sebagai "tidak ada kontes" karena Sakara sangat kesakitan dan tidak dapat melanjutkan.

Jadi setelah mengetahui teknik kuncian UFC yang Terlarang, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!