Tak Hanya Belajar, 4 Hobi Ini Juga Terbukti Bisa Mengasah Kecerdasan Otak
Ilustrasi Hobi (Anna Shvets/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Hobi tak hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang, tapi ini juga bisa meningkatkan kecerdasan intelektual. Hanya saja, tidak semua hobi bisa mengasah kepintaran. Sebuah studi menemukan ada beberapa hobi yang dapat meningkatkan tingkat kepandaian seseorang. Jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan, coba pertimbangkan untuk menekuni beberapa hobi dibawah ini.

Olahraga

Rajin berolahraga dapat meningkatkan fungsi memori, pemahaman, konsentrasi, serta fokus. Olahraga teratur juga dapat menjaga stamina tubuh dalam melakukan ragam aktivitas. Jika Anda tidak memiliki waktu ke gym, Anda bisa berlari atau berenang. Kalau senang dengan aktivitas olahraga yang lebih tenang, sepertinya yoga bisa Anda coba.

Merajut

Meski terdengar old school, rupanya merajut punya banyak manfaat salah satunya mengajari kesabaran. Anda harus benar-benar teliti dan tekun saat memasukkan benang ke dalam jarum dan merajutnya mengikuti pola. Selain kesabaran, Anda juga terlatih untuk konsisten dan mempertahankan fokus saat merajut.

Belajar alat musik

Memainkan alat musik bisa menyeimbangkan belahan otak kanan dan kiri, serta mengoptimalkan fungsi otak. Jika Anda membiasakan si kecil bermain instrumen sejak dini, maka ia akan meraih skor optimal dalam pelajaran membaca dan matematika. Mengapa? Karena bermain musik dapat meningkatkan daya ingat dan mengajarkan anak bekerja dalam tim.

Membaca buku

Rajin membaca sudah tentu dapat meningkatkan kepintaran. Agar informasi bisa beragam, cobalah untuk tidak membatasi sumber bacaan. Pada dasarnya, kegiatan membaca dapat meningkatkan perbendaharaan kata, keterampilan komunikasi, kemampuan analisis, memori, dan fokus.Terlebih, dengan membaca buku nyatanya juga dapat mengurangi stres, pun turut meningkatkan kecerdasan emosi.