Menyulam, Hobi Menyenangkan dan Bisa Redakan Stres
Menyulam (Anita Smith - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Sedang mencari hobi baru untuk menambah kegiatan di tahun 2021? Bagaimana jika mencoba menyulam? 

Pada awalnya, membuat bordir dengan tangan akan terasa sulit dan Anda mungkin berpikir tidak sekreatif itu untuk melakukannya. Namun, hobi ini justru akan meningkatkan kreativitas dan kedisiplinan. 

Saat ada waktu lenggang, Anda bisa mulai belajar soal teknik menyulam, pola, dan kombinasi warna. Ini tentu menuntut waktu dan latihan. Semakin lama mencoba, kreativitas pun akan semakin meningkat. Bahkan, Anda bisa membuat sulaman yang lebih rumit seiring waktu. 

Menyulam pun baik untuk meningkatkan fungsi otak. Menggerakan jarum dan benang, serta berkonsentrasi pada pola akan membutuhkan konsentrasi. Kegiatan ini dapat membantu otak agar tetap bekerja dan selalu aktif.

Hobi menyulam mungkin tampak seperti kegiatan ibu rumah tangga dan lansia. Namun, anak muda pun sah-saja untuk punya hobi serupa. Sebab, menyulam memiliki manfaat terapeutik luar biasa. 

Untuk melepaskan ketegangan dari aktivitas sehari-hari dan mengurangi kecemasan serta stres, menyulam merupakan pengalihan yang baik. Anda bisa meluangkan waktu beberapa jam setiap hari untuk menyelesaikan projek menyulam. 

BACA JUGA:


Lagipula, menyulam adalah hobi yang murah dan menyenangkan. Jadi, tak ada salahnya mencoba, bukan? Bahkan, bila lebih serius, karya sulaman Anda bisa dijual dan menghasilkan uang. 

Jika tertarik mencoba, ada beberapa perlengkapan menyulam yang perlu disiapkan: 

  1. Kain. Anda butuh beberapa kain untuk menjadi dasar sulaman. Bahan kain yang dipilih bisa katun, linen, kanvas, atau blacu. Cobalah menyulam dalam beberapa kain lalu tentukan mana yang paling nyaman. 
  2. Benang. Tentunya Anda akan butuh beraneka benang khusus untuk sulam. Pilih yang berkualitas agar lebih mudah dalam pengerjaan sulaman dan hasilnya lebih rapi. Untuk pemilihan warna, bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. 
  3. Embroidery hoop. Untuk mempermudah proses menyulam, Anda akan butuh hoop dengan ukuran yang bisa dipilih. Semakin besar hoop, maka semakin besar pula area yang disulam. Jika ingin membeli satu di awal, sebaiknya pilih ukuran sedang. 
  4. Jarum. Jenis jarum sulam sebenarnya cukup banyak pilihan ukuran. Anda bisa memilih beberapa ukuran untuk membentuk sulaman berbeda. 
  5. Pulpen larut air. Untuk membuat pola, Anda akan menggambar desain di kain menggunakan pulpen. Namun, untuk sulaman sebaiknya pilih puplen larut air. Jadi setelah selesai digambar dan ditimpa sulaman, noda tinta bisa dihilangkan dengan air. Ada juga pulpen sulam yang cara menghilangkan bekas tinta di kain dengan disetrika. 
  6. Gunting. Pastikan Anda punya gunting yang tajam dan bersih. Gunanya untuk memotong kain sesuai ukuran sulam dan memastikan benang-benang di ujung kain terpangkas rapi. 

Setelah perlengkapan tersedia, Anda bisa belajar teknik sulam dasar. Agar lebih mudah, Anda bisa belajar melalui video tutorial semacam “embroidery stitches for beginners” di Youtube. Jika sudah memahami sulam dasar, kini saatnya berkreasi membuat sualaman dengan desain yang diinginkan.