Bantu Redakan Stres dan Bermanfaat Positif, Ini 7 Alasan Penting Memiliki Hobi
Ilustrasi alasan pentingnya memiliki hobi (Unsplash/Bruce Mars)

Bagikan:

JAKARTA – Hobi adalah kegemaran yang dilakukan pada waktu luang dan bukan sebagai pekerjaan utama. Pentingnya memiliki hobi ditelusuri alasannya, baik secara psikologis dan berkaitan dengan peningkatan kreativitas. Saat ini, hobi pun bisa jadi pekerjaan utama karena ditekuni sehingga menghasilkan sesuatu yang ingin didapatkan, misalnya uang.

Setiap orang mungkin menekuni hobi yang berbeda-beda. Mulai dari membaca, menulis, melukis, menari, olahraga, memancing, fotografi, mountaineering, memasak, menyanyi, hingga berkebun. Apa alasan Anda menekuni hobi? Termasuk 7 hal berikut bisa Anda dapatkan ketika memiliki hobi.

1. Meredakan stres

Laju kehidupan yang serba cepat dan target pekerjaan yang susul-menyusul membuat kita sering lupa untuk menggeluti aktivitas yang digemari. Ditengah keserba-cepatan kehidupan, hobi bisa jadi penawar untuk sejenak menikmati waktu untuk diri sendiri.

Dengan memiliki hobi, seseorang bisa bersantai sejenak. Mencoba berjarak dengan kelelahan dan stres untuk melakukan yang Anda gemari.

2. Berinteraksi sosial

Bertemu dengan orang lain yang memiliki hobi sama adalah situasi yang berharga. Hobi bisa membuat interaksi sosial dengan orang lain yang memiliki minat sama dan bukankah lebih menyenangkan lagi jika menemukan relasi pertemanan lewat hobi?

hobi
Ilustrasi manfaat menekuni hobi (Unsplash/Elevate)

 

3. Mendapatkan tantangan

Seperti memiliki hobi membaca, yang paling menantang dari mendalami hobi ini adalah memahami setiap kalimat dalam buku bacaan. Kesabaran juga diasah dengan melakukan hobi. Bahkan seseorang juga butuh bekerja keras untuk merawat tanamannya secara rutin setiap hari.

4. Mengembangkan diri

Hal-hal yang mulanya tak diketahui, lewat hobi bisa ditelusuri dan ditemukan. Ini alasan perlunya memiliki hobi, yaitu bisa mengembangkan diri, pengetahuan, dan kreativitas yang sekaligus dipraktikkan pada apa yang Anda gemari.

Menurut Annabelle Short, dilansir Life Goals Mag, Jumat, 12 November, dengan hobi membaca yang ia tekuni bisa mengembangkan empati dan membawanya ke tempat-tempat yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Ketika Anda mendalami suatu hal di luar pekerjaan, ini bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri. Terlebih ketika berinteraksi dengan orang lain, dengan cepat Anda bisa menanggapi atau berdiskusi tentang apa-apa yang telah Anda ketahui lewat hobi.

6. Lebih produktif

Dalam segi positif, Anda bisa menyempatkan waktu untuk menggeluti hobi. Anda juga tak merasa bosan dengan rutinitas yang sama, dengan hobi bisa mengeksplorasi minat, mengembangkan keterampilan, dan bersenang-senang sambil menyerap pengetahuan.

7. Lebih menghargai diri sendiri

Ketika akhir pekan menjelang, Anda tak perlu lagi bingung untuk diisi aktivitas apa. Melakukan aktivitas yang digemari dan berbagi hobi dengan orang lain membuat seseorang lebih menghargai diri sendiri.