Cara Mudah Menyetem Gitar Menggunakan Google Search, Tak Perlu Aplikasi Tambahan
Cara menyetem gitar dari Google Search (Android Central)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Belajar memainkan gitar dapat menjadi hobi untuk mengisi waktu luang. Setelah mempelajari chord atau kunci gitar, hal yang wajib Anda kuasai adalah menyetem gitar supaya memiliki suara yang sinkron.

Banyak orang menggunakan aplikasi "Guitar Tuner" untuk menyetem gitar mereka melalui komputer atau Android. Namun, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu sehingga dapat membuat memori ponsel menjadi penuh.

Selain itu, Anda juga harus membuka aplikasi "Guitar Tuner" yang kadang merepotkan, dan sulit dipahami bagi pemula. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang menyetem gitar dapat dilakukan hanya menggunakan "Google Search".

Google Search telah menambahkan fitur baru ke mesin pencariannya untuk memudahkan pengguna menyetem gitar. Dengan menggunakan mikrofon di perangkat telepon Anda untuk membantu menyetem gitar.

Jika Anda belum mengetahui cara menyetem gitar di Google Search, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI dari berbagai sumber untuk mempermudah Anda belajar menyetem gitar.

Cara Menyetem Gitar Dengan Google Search

Langkah pertama untuk menyetem gitar menggunakan Google Search adalah membuka halaman browser Google, kemudian ketik Google Tuner di mesin pencarian dan klik enter atau pencarian.

Akan muncul hasil pencarian di halaman Google Anda, dan menunjukkan menu Google Tuner di halaman teratas. Klik ikon mikrofon yang tersedia, untuk mulai melakukan menyetem gitar.

Akan muncul jendela dari Google yang meminta izin untuk mengakses perangkat Anda, baik di Android maupun komputer. Klik izinkan untuk melanjutkan proses menyetem gitar.

Setelah mengklik ikon mikrofon, Anda dapat memulai proses penyetelan gitar seperti biasa. Akan muncul indikator visual untuk menunjukkan tekanan suara pada gitar. Akan ada petunjuk apakah Anda harus mengencangkan senar gitar atau mengendurkannya.

Anda dapat mengencangkan dan mengendurkan senar gitar hingga mencapai harmoni suara yang. Setelah selesai, Anda dapat menutup jendela browser yang digunakan untuk membuka Google Tuner.

Saat ingin menggunakannya lagi, Anda dapat melakukan langkah yang sama seperti di atas tanpa harus mendownload aplikasi tambahan di komputer atau smartphone Anda.

Sayangnya, cara menyetem gitar menggunakan Google Search, baru bisa dilakukan untuk menyetem alat musik gitar saja. Sementara untuk alat musik lain seperti bas, dan okulele, alat tersebut tidak memberikan respon yang sesuai.

Namun, tidak menutup kemungkinan Google bakal mengembangkan fitur menyetem alat musik lainnya untuk semakin memudahkan penggunanya.

Demikianlah cara menyetem gitar menggunakan Goggel Searc tanpa aplikasi tambahan. Pengguna dapat melakukannya hanya dengan masuk ke browser yang tersedia di Google Chrome atau Mozilla Firefox, atau peramban lainnya.