Ini 5 Aplikasi Gitar yang Menarik untuk Pemula dan Profesional
Ada banyak aplikasi gitar luar biasa yang tersedia untuk gitaris pemula. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini belajar gitar tidak lagi memerlukan kontak fisik karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi belajar gitar di smartphone dengan mudah.

Menariknya, aplikasi tersebut bisa kamu unduh secara gratis di Play Store atau App Store. Tentu saja Anda dapat belajar gitar tanpa menghabiskan banyak uang.

Ada banyak aplikasi gitar luar biasa yang tersedia untuk gitaris pemula, pembelajaran gitar terbaik hingga aplikasi gitar yang harus dimiliki oleh setiap gitaris profesional. Berikut daftar aplikasi gitar yang harus kamu miliki.

  1. GuitarTuna

Sebelum Anda mulai memainkan gitar, sebaiknya Anda menyetem gitar terlebih dahulu. Dengan menyetel gitar Anda akan lebih mendapatkan keakraban yang mendalam dengan nada.

GuitarTuna adalah salah satu aplikasi gitar terbaik di luar sana yang menunjukkan cara menyetel gitar. Secara default, ini disetel ke otomatis, sehingga Anda dapat mulai menyetel hanya dengan menyalakannya dan memainkan setiap senar gitar secara bergantian.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan mini-gim untuk membantu Anda mempelajari dan mengenali akord. GuitarTuna gratis untuk diunduh, meskipun beberapa fiturnya memerlukan pembayaran.

  1. Yousician

Dikembangkan oleh perusahaan yang juga memproduksi aplikasi GuitarTuna, Yousician adalah kursus gitar komprehensif di ponsel cerdas Anda. Muncul dengan lebih dari 1.500 latihan, pelajaran, dan permainan bagi Anda untuk mengasah keterampilan gitar Anda.

Yousician juga menyediakan ribuan lagu populer untuk dimainkan bersama dan mendapatkan ulasan. Bahkan, aplikasi ini akan mengajari Anda teori musik dan cara membaca notasi musik, menjadikannya aplikasi pembelajaran musik yang sangat lengkap. Tetapi aplikasi ini berbasis langganan sekitar 20 dolar AS.

  1. BandLab

Aplikasi yang tersedia untuk iOS dan Android, ini adalah cara yang bagus untuk gitaris pemula dan tangan yang lebih berpengalaman untuk merekam serta mengerjakan lagu.

Pertama-tama, aplikasi ini memungkinkan Anda merekam gitar ke dalam aplikasi, tetapi setelah selesai, Anda dapat menggunakan fungsi multi-track untuk menambahkan instrumentasi tambahan. Ini termasuk instrumen pra-rekaman dari banyak paket suara yang ditawarkannya, memungkinkan Anda menebus fakta bahwa Anda tidak memiliki synthesizer dan sampler selain gitar. Tambahan sambutan lainnya adalah fitur jejaring sosialnya, yang memungkinkan Anda berkolaborasi dalam musik dengan orang lain.

  1. Ultimate Guitar: Chords & Tabs

Jika Anda ingin belajar beberapa lagu dan memainkannya dengan gitar Anda, aplikasi Ultimate Guitar adalah pilihan yang tepat serta dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini memberi Anda akses ke lebih dari 1,6 juta tab untuk berbagai macam lagu. Tab menyediakan cara sederhana untuk memberi notasi musik, jadi ini adalah cara yang sangat mudah bagi pemula untuk mempelajari sebuah lagu.

Selain itu, aplikasi Ultimate Guitar juga mencakup kemampuan untuk memainkan sekitar 7.000 lagu, yang disertai dengan backing track dan lirik tepat waktu. Sayangnya, fitur ini dikunci dan jika ingin membukanya Anda perlu berlangganan 6 dolar AS per bulan, sementara sejumlah kecil pelajaran gitar dapat dibuka untuk masing-masing 1 dolar AS.

  1. Justin Guitar Beginner Lessons

Justin Sandercoe pemilik aplikasi ini cukup terkenal di platform YouTube, tetapi kini ia membuat aplikasi sendiri yang dapat Anda unduh di iOS dan Android. Justin Guitar sangat ideal untuk pemula, karena menawarkan pelajaran langkah demi langkah yang mencakup semuanya, mulai dari akord dasar dan fingerpicking hingga mempelajari skala dan seluruh lagu.

Sementara sebagian besar pelajaran secara efektif mempelajari permainan tanpa instruktur, 50 di antaranya adalah video tutorial yang diberikan oleh Sandercoe sendiri, menambahkan sentuhan pribadi apik yang tidak dimiliki oleh beberapa aplikasi gitar.

Aplikasi tersebut mencakup lebih dari 1.000 lagu populer untuk dipelajari, sementara itu juga mencakup sistem penilaian diri untuk membantu Anda memantau seberapa baik kemajuan Anda. Demikian dikutip dari Digital Trends, Selasa, 26 Oktober.