Tips Menggunakan Chordtela, Aplikasi Kunci Gitar <i>Online</i>
Bermain alat musik gitar akan membutuhkan kunci yang benar-benar pas. (foto: dok.pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Ingin menjadi pemain yang handal dalam memainkan gitar? Tentunya terlebih dahulu Anda harus mengetahui kunci dasar pada gitar. Selain itu, Anda juga harus tahu cara menguasai kunci dasar gitar agar  mudah memainkan alat musik tersebut, khususnya bagi para pemula.

Bermain alat musik gitar akan membutuhkan kunci yang benar-benar pas, dengan begitu nadanya akan sesuai. Sama halnya pada Chordtela  yang menawarkan berbagai lagu lengkap dengan kunci dasar pada gitar dan bisa kalian mainkan dengan sangat mudah.

Ada banyak aplikasi Chord Gitar di Android, salah satunya ialah Chordtela yang merupakan sebuah web aplikasi dan menampilkan berbagai macam informasi chord gitar lagu – lagu tanah air hingga lagu luar negeri.

Nah, untuk Anda yang ingin menguasai kunci dasar pada alat musik gitar, kalian simak uraiannya di bawah ini.

Cara Menguasai Kunci Dasar Gitar

Terdapat beberapa hal dasar yang harus kalian tahu agar cepat dan mahir memainkan berbagai kunci pada gitar. Tentunya Anda ingin sekali bukan mengiringi sebuah lagu untuk pasangannya ataupun teman dan keluarganya? Nah, agar Anda tetap semangat dalam belajar, kali ini VOI akan membagikan tips mudah untuk bisa menguasai kunci dasar gitar. Berikut ini caranya :

Semua Kunci Gitar Tidak Boleh Langsung Dipelajari Secara Bersamaan

Alangkah lebih baiknya jika Anda pelajari sedikit demi sedikit kunci dasar pada gitar. Seperti contoh dua kunci atau bisa juga satu kunci saja untuk pemula. Di mana salah satu kunci dasar gitar yang dianggap paling penting yaitu chord A. Yang mana cord A ini sangat sederhana untuk semua pemula yang ingin belajar bermain gitar.

Jika Anda sudah benar-benar menguasai kunci A ini, maka kalian bisa lanjut memperlajari kunci berikutnya yaitu kunci C. Meskipun terlihat membingungkan di awal belajar, namun kunci C ini tidak terlalu susah. Di mana dapat dikatakan kunci C sangat penting saat kalian belajar cara untuk bermain gitar. Dengan kalian belajar beberapa kunci dasar dalam satu waktu, maka Anda bisa menghafal semua kunci dasar gitar secara cepat.

Mempelajari Praktik Perpindahan Antar Chord

Selanjutnya setelah kalian hafal kunci dasar gitar A dan C, maka kalian bisa mulai belajar memainkan kedua kunci tersebut dan berpindah dari cord A ke C ataupun sebaliknya. Nah, untuk para pemula mempelajari kunci gitar tidak harus dilakukan dengan cepat, di mana Anda juga harus mempraktikan secara perlahan saat memulainya.

Sedikit demi sedikit Anda bisa mempercepat perpindahan antara kedua chord tersebut dan bagaimana cara untuk memainkan sebuah lagu. Salah satu trik yang bisa kalian lakukan yaitu fokus pada perasaan kalian tentang di mana posisi jari-jari akan diletakkan.

Menggunakan Referensi Ketika Latihan

Jika Anda merasa bingung ketika ingin memulainya, padahal Anda sudah hafal kuncinya. Maka kalian bisa memperlajarinya menggunakan referensi saat latihan. Sangat penting sekali untuk melihat terlebih dahulu bagaimana cara kerja saat memainkan sebuah gitar. Setelah kalian mengetahui cara bermainnya, maka Anda bisa membunyikan alat musik gitar dengan baik.

Mencetak Diagram Chord Gitar

Cara lainnya yaitu kalian bisa mencetak gambar chord gitar di sebuah kertas. Setelah itu Anda dapat menempelkannya pada tempat yang dapat kalian lihat setiap harinya. Seperti lemari pakaian, dinding kamar atau bahkan bisa juga kalian tempelkan pada bodi gitar yang dimiliki. Dengan adanya gambar tersebut, akan membantu Anda untuk menghafal dan memperlajari kunci dasar gitar dengan lebih mudah.

Belajar Memainkan Lagu-Lagu Sederhana

Yang terakhir cara untuk bisa bermain gitar yaitu kalian bisa belajar memainkan sebuah lagu yang sederhana. Dengan cara ini akan membantu Anda menghafal chord gitar dan mempelajari semua kunci dasar gitar dengan lebih cepat. Sehingga akan membantu kalian mengingat sekaligus mengasah kemampuan bernyanyimu.

Itulah cara mudah untuk menguasai kunci dasar gitar dengan mudah dan cepat, khususnya bagi pemula yang ingin belajar bermain gitar.