Tips Membuat Foto Produk Menggunakan HP yang Menarik untuk Jualan <i>Online</i>
Tips Membuat Foto Produk dengan HP (RoomMe)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seiring teknologi yang terus berkembang, banyak orang yang melakukan jual beli barang di toko online atau e-Commerce. Hal ini membuat foto produk yang dipasang di toko online menjadi elemen penting untuk menarik pembeli.

Foto produk yang menarik, akan membuat orang tertarik untuk melakukan transaksi jual beli di marketplace. Oleh karenanya, foto produk memiliki peranan yang penting bagi toko online yang menjajakan produknya.

Tidak hanya memberi informasi kepada calon pembeli, foto yang bagus dapat membuat pembeli tertarik untuk melihatnya, hingga membeli barang yang dijajakan.

Sayangnya, tidak semua orang memahami hal-hal apa saja yang harus ditampilkan di foto produk mereka. Selain itu, kebanyakan orang juga beranggapan membuat foto produk yang bagus membutuhkan kamera yang mahal.

Padahal, Anda dapat membuat foto produk yang bagus menggunakan HP. Dengan melakukan tips-tips berikut ini, Anda dapat membuat foto produk yang menarik untuk ditampilkan di marketplace atau toko online Anda.

Tips Membuat Foto Produk yang Bagus Menggunakan HP

Jika Anda ingin memiliki foto produk yang bagus di toko online Anda, tim VOI telah mempersiapkan tips-tips yang dapat digunakan untuk membuat produk Anda jadi lebih menarik.

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan menjadi elemen yang penting dalam fotografi. Oleh karenanya, saat memotret produk, Anda harus memastikan cahaya di titik foto cukup, sehingga dapat memperjelas objek.

Anda dapat mengatur pencahayaannya supaya menghasilkan gambar yang menarik, karena komposisi cahaya akan mempengaruhi warna dari objek yang dipotret.

Ada dua sumber pencahayaan, yakni cahaya alami atau natural dan cahaya tambahana atau cahaya buatan. Untuk membuat komposisi yang menarik Anda tidak harus selalu menggunakan cahaya tambahan. Anda dapat menggunakan cahaya alami, seperti di dekat jendela atau di teras rumah.

Angle (Sudut Foto)

Angle atau sudut foto yang tepat akan membuat foto lebih menarik. Produk yang sama tetapi difoto dengan angle berbeda, akan memiliki daya tarik yang berbeda pula.

Untuk mengasah kepekaan dalam mengambil sudut pemotretan, Anda dapat melihat foto-foto produk yang ada di media sosial atau hasil jepretan fotografer profesional. Angle foto-foto tersebut bisa menjadi inspirasi, sehingga Anda menghasilkan foto yang bagus.

Editing

Selain proses pengambilan foto, elemen selanjutnya yang wajib diperhatikan adalah proses editing. Anda dapat melakukan pengeditan menggunakan aplikasi edit foto di komputer maupun aplikasi HP.

Dengan melakukan 3 langkah di atas, Anda dapat menghasilkan foto produk yang bagus di toko online Anda dan dapat menarik minat calon pembeli.