Ide Konsep Jualan Pakai Mobil, Bisnis Simpel dengan Peluang Menjanjikan
Ilustrasi konsep jualan pakai mobil (Unsplash/Arturo Rey)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Konsep jualan pakai mobil menjadi ide bisnis yang menarik dan menjanjikan. Bagi anda yang punya mobil nganggur di rumah, ide ini perlu anda coba. Ada berbagai produk yang bisa dijual dengan cara berkeliling menggunakan mobil.

Bisnis dengan konsep jualan pakai mobil menawarkan berbagai kelebihan, seperti tidak perlu menyewa gedung atau bangunan, dapat menjangkau pasar di lokasi yang berbeda, dan keuntungan lainnya. 

Banyak yang berpikir mobil hanya dapat digunakan untuk menghasilkan uang dengan cara taksi online. Padahal mobil juga bisa disulap untuk media atau tempat berjualan produk bisnis secara keliling.

Ide Konsep Jualan Pakai Mobil

Ada beberapa ide bisnis jualan pakai mobil yang bisa anda pilih. Berikut rekomendasi atau tips usaha keliling menggunakan mobil. 

Membuka Food Truck

Salah satu bisnis pakai mobil yang populer adalah food truck. Bisnis ini cocok bagi anda yang mempunyai mobil jenis van. Usaha food truck bersifat lebih ringkas tanpa perlu menyiapkan meja atau perlengkapan pendukung yang biasanya ada di resto.

Bisnis food truck lebih hemat biaya dibandingkan membuka usaha kuliner. Anda tidak perlu menyewa kios, perlengkapan, hingga furniture pendukung. Untuk mekanisme pembeliannya, anda bisa menerapkan sistem take away. Anda juga dapat berpindah-pindah lokasi berjualan sehingga dapat menjangkau banyak konsumen.

Mobil Kopi Keliling

Ide bisnis yang satu ini mirip dengan food truck. Bisnis mobil kopi bisa menjadi pilihan bagi anda yang tertarik berjualan minuman kopi. Anda bisa membuka coffee shop atau warung kopi memakai mobil. Biasanya mobil yang digunakan adalah jenis-jenis mobil yang memiliki bagasi atau ruang belakang yang luas. 

Bisnis mobil kopi dapat anda mulai dengan mempersiapkan bahan kopi, mesin dan peralatan penyajian, hingga kursi kecil untuk letakkan di sekitar mobil. Untuk membuat lapak anda lebih menarik, anda dapat menghias mobil anda dengan pernak-pernik atau atribut unik.

Jualan Thrift di Bagasi

Ide bisnis keliling pakai mobil selanjutnya adalah jualan thrift. Terlebih, saat ini produk thrift sedang menjadi tren fashion di kalangan anak-anak muda. Anda dapat membuka jualan thrift menggunakan bagasi mobil. 

Membuka bisnis thrift di bagasi mobil lebih hemat dibanding harus menyewa kios. Anda tinggal menyiapkan rak untuk display atau gantung produk dan kantong kemasan. Untuk mencari produknya, anda bisa membeli langsung per karung dengan harga jutaan. Sehingga anda bisa memasang margin yang lebih besar dan menguntungkan. 

Jualan Frozen Food

Produk bisnis lainnya yang bisa anda jual keliling memakai mobil adalah frozen food. Olahan makanan beku atau frozen food sedang banyak digemari karena dapat dikonsumsi dengan cara praktis. Anda dapat memanfaatkan mobil pick up untuk berjualan frozen food berkeliling dan berpindah-pindah tempat. 

Jualan frozen food keliling lebih hemat biaya karena tidak perlu menyewa kios. Anda tinggal menyiapkan mesin freezer dan pelantang suara untuk promosi saat keliling. Dengan berkeliling, anda juga bisa mendapatkan pelanggan lebih luas. 

Pertama, anda tinggal mencari produknya dari supplier frozen food. Selain itu, anda juga bisa membuat sendiri olahan produk frozen food di rumah. Selanjutnya tinggal menentukan jam berapa di rute wilayah mana anda akan menjajakan dagangan anda. 

Jualan Craft atau Kerajinan

Ide bisnis lainnya yang menarik untuk dijual memakai mobil keliling adalah produk kerajinan atau craft. Ide jualan ini sangat cocok bagi anda yang tinggal di dekat sentra kerajinan atau area pengrajin produk tertentu, seperti hiasan dinding, pernak-pernik, kain tradisional, dan sebagainya.

Anda dapat membeli produk dari pengrajin di daerah anda, lalu menjualnya kembali memakai konsep mobil keliling. Anda hanya perlu menyiapkan rak atau sejenisnya untuk menggantung produk-produk yang anda jual. 

Jualan Sayur dan Buah

Ide bisnis yang satu ini sudah sangat terkenal dan sudah diperdagangkan sejak lama. Namun jualan sayur dan buah keliling masih menjadi bisnis dengan hasil yang menjanjikan. Anda dapat membeli sayur dan buah dari petani, lalu menjualnya kembali menggunakan mobil pick up atau bak terbuka. 

Konsep jualan ini lebih hemat dibanding anda menyewa kios atau lapak di pasar. Anda tinggal menyiapkan kotak buah atau sayur dan pelantang suara untuk promosi. Dengan cara jualan ini anda telah menawarkan solusi bagi orang-orang yang ingin beli buah tapi malas keluar rumah. 

Itulah beberapa ide bisnis konsep jualan pakai mobil yang bisa anda coba. Daripada jarang terpakai, lebih baik manfaatkan mobil anda untuk menghasilkan cuan. Sekarang tinggal menentukan produk apa yang ingin anda jual. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.