Bisnis Pertanian Modal Kecil yang Tidak Pernah Sepi, Coba Sendiri di Rumah
Ilustrasi bisnis pertanian modal kecil (Unsplash/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pertanian menjadi salah satu sektor yang diunggulkan di Indonesia. Kelebihan ini membuat peluangan usaha pertanian sangat menjanjikan. Ada sejumlah bisnis pertanian modal kecil yang bisa anda coba untuk meningkatkan penghasilan. 

Usaha pertanian tidak pernah sepi dari zaman dulu hingga sekarang, khususnya di negara agraris. Produk yang dijual pada bisnis pertanian merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia untuk mengolah lahan. Oleh karena itu, jenis bisnis ini berpotensi meraup keuntungan yang besar.

Bisnis Pertanian Modal Kecil

Banyak orang ragu untuk memulai bisnis pertanian karena menganggap butuh modal yang besar. Padahal usaha pertanian bisa dengan modal kecil. Selain itu, anda juga tidak perlu mempunyai lahan yang luas karena bisa dilakukan di rumah. Anda sudah bisa menjadi pengusaha pertanian hanya dengan lahan beberapa meter saja. 

Berikut tips atau rekomendasi ide bisnis pertanian modal kecil yang menguntungkan. 

Menjual Pupuk Kompos

Tak banyak yang jeli melihat peluang sampah bisa menghasilkan uang. Anda bisa mengolah kembali sampah rumah tangga atau ternak untuk dijadikan pupuk kompos. Pupuk kompos tersebut bisa anda jual kepada para petani. 

Usaha pupuk kompos memiliki potensi keuntungan yang besar. Pupuk selalu dibutuhkan oleh petani untuk menyuburkan tanamannya. Anda bisa berjualan pupuk kompos dari rumah maupun secara online di e-commerce atau media sosial.

Menjual Alat Berkebun

Usaha pertanian lain yang bisa anda coba adalah menjual alat berkebun. Anda bisa menjual berbagai peralatan dan perlengkapan pertanian, seperti penyiram tanaman, sekop, pot, selang, ember, dan lainnya. 

Bisnis berjualan alat pertanian tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya perlu membeli sejumlah peralatan itu tadi dari pengrajin atau pengepul. Selain itu, anda juga bisa menjadi reseller dari supplier supaya mendapatkan harga yang lebih murah untuk dijual kembali. 

Produk alat pertanian memiliki banyak peminatnya dan selalu dibutuhkan. Seiring berkembangnya pertanian, permintaan alat pertanian pun semakin tinggi. Penjualan alat berkebun pun pasti meningkat dan mendatangkan banyak keuntungan. 

Jualan Tanaman Hias 

Ide bisnis pertanian lain yang bisa anda coba adalah berjualan tanaman hias. Jualan tanaman hias tidak harus langsung dalam jumlah besar. Anda bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dahulu. 

Bisnis ini bisa anda mulai dengan jualan beberapa jenis tanaman. Selanjutnya ketika keuntungan sudah banyak, anda bisa menambah jenis tanaman hingga produk lain, seperti media tanam, pot, dan lainnya. 

Bisnis tanaman hias kini semakin menjanjikan. Terlebih sejak terjadinya pandemi COVID-19, tren berkebun sangat marak dan masih digemari hingga saat ini. Banyak orang butuh tanaman hias untuk membuat kebun pribadi, menghias rumah, hingga mengisi ruangan. 

Menjual Sayuran Organik

Jika anda suka bisnis yang modern, berjualan sayuran organik bisa menjadi pilihan yang tepat. Sayuran organik kini semakin banyak peminatnya. Apalagi setelah banyak masyarakat yang sadar pentingnya gaya hidup sehat.

Sayuran organik adalah sayuran yang ditanam tanpa memakai bahan atau zat kimia, seperti pestisida. Harga jual sayuran organik lebih mahal dibanding non–organik, sehingga anda bisa mendapat keuntungan yang banyak. 

Anda bisa menanam sayuran organik di rumah sebagai bahan jualan anda. Penamanan sayuran ini tidak memerlukan lahan yang besar. Anda bisa menggunakan pekarangan rumah, teras, atau rooftop rumah untuk membuat kebun sayuran organik. Metode untuk menanamnya menggunakan hidroponik. Jadi anda bisa lebih mudah dan efisien untuk perawatannya. 

Itulah sejumlah ide bisnis pertanian modal kecil yang bisa anda coba dari rumah. Usaha pertanian menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati karena selalu dibutuhkan. Terlebih Indonesia merupakan negara agraris, di mana banyak penduduknya yang mengolah lahan entah sebagai pekerjaan maupun hobi. Berbagai rekomendasi produk tadi bisa anda jual secara offline maupun online. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.