Bagikan:

YOGYAKARTA – Berpikir positif membutuhkan latihan. Cara berpikir ini bantu tingkatkan kreativitas, kesejahteraan, dan terampil mengelola stres. Bahkan menurut penelitian tahun 2020, orang yang berpikir positif lebih tahan termasuk penyakit karena cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Latihan berpikir positif bisa dengan cara berikut ini.

1. Mengamati pikiran

Mungkin terdengar sulit, tetapi bisa dilakukan dengan mengidentifikasi setiap pikiran negatif yang muncul. Kemudian evaluasi apakah pikiran tersebut membuat Anda tegang atau stres. Mengamati pikiran bisa membantu mempraktikkan teknik mindfulness. Teknik ini membuat Anda tetap membumi. Misalnya ketika mulai muncul pikiran-pikiran negatif, cobalah untuk bernapas dalam dan memindai bagian tubuh mana yang tegang.

2. Fokus pada self-talk positif

Apa yang dikatakan pada diri sendiri, membuat perbedaan besar dalam pola pikir. Itu artinya, pilih self-talk yang positif untuk membentuk pola pikir positif pula. Dengan pola pikir positif, seseorang akan meningkat motivasi dan semangatnya.

cara berpikir positif yang bantu tingkatkan kreativitas
Ilustrasi cara berpikir positif yang bantu tingkatkan kreativitas (Freepik/senivpetro)

3. Temukan cara untuk tertawa dan tersenyum

Ada banyak cara untuk tertawa atau tersenyum. Tetapi setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Anda bisa menonton tayangan humor. Bisa juga meluangkan waktu santai bersenda-gurau bersama orang-orang terdekat. Penting diketahui, humor membantu Anda menemukan dan mempertahankan pola pikir positif dan mengurangi stres.

4. Ubah sudut pandang

Mengubah sudut pandang tentu tidak mudah. Tetapi dengan cara ini kreativitas Anda bisa berkembang. Misalnya ketika suatu peristiwa membuat Anda stres. Kemudian Anda mengubah cara memandang peristiwa tersebut. Anda juga bisa menggunakan afirmasi positif dalam rutinitas harian. Serta self-talk positif ternyata juga membantu Anda fokus pada masa-masa sulit.

cara berpikir positif yang bantu tingkatkan kreativitas
Ilustrasi cara berpikir positif yang bantu tingkatkan kreativitas (Freepik/cookie_studio)

5. Bersyukur

Merenungkan hal-hal yang disyukuri adalahs alah satu cara untuk meningkatkan pikiran positif. Maka mulailah menulus jurnal rasa syukur, karena ini dapat membantu Anda juga menulis pikiran negatif. Dengan begitu Anda akan mengingat setiap hal sebagai pembelajaran, baik itu hal positif maupun negatif.

6. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Dengan hanya meluangkan 30 menit setiap hari, Anda dapat membuat perbedaan besar. Rutinitas olahraga harian ini, memberi kesempatan tubuh bergerak. Dengan begitu menjaga sirkulasi darah hingga kebugaran secara keseluruhan.

7. Mengkonsumsi makanan sehat

Saat mengkonsumsi makanan sehat, makanan tersebut akan menutrisi tubuh. Termasuk saat berpikir dan berfungsi secara optimal. Buah dan sayuran segar tentu saja bahan makanan yang paling baik. Karena bahan tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

8. Tidur cukup

Mendapatkan tidur cukup penting sekali, karena kurang tidur ternyata berkemungkinan lebih sering munculnya pikiran negatif. Tidur cukup juga membantu Anda fokus dan berkonsentrasi. Penelitian merekomendasikan tidur selama 7-9 jam setiap malam

9. Menemukan cara mengelola stres

Mengelola stres dapat meningkatkan pemikiran positif. Ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan berbicara dengan orang terkasih atau orang yang terpercaya, jeda dari media sosial, menilai pikiran dan perasaan, menekuni hobi yang Anda sukai seperti dengan berkebun atau jalan-jalan.

Menurut penelitian yang dilansir PsychCentral, Minggu, 8 September, berpikir positif meningkatkan kreativitas dalam menyelesaikan masalah atau persoalan. Penelitian yang dilakukan tahun 2017 ini, menemukan bahwa stres adalah respons fisik dari berbagai situasi yagn dialami. Pada saat mengalami stres, seseorang membutuhkan cara mengelola stres dengan pikiran positif atau melakukan aktivitas untuk relaksasi sejenak sebelum menyusun strategi problem solving.