8 Cara Memaksimalkan Jalan Kaki Untuk Membakar Kalori Sekaligus Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi jalan kaki untuk kesehatan jantung (Freepik-Nensuria)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu cara membakar kalori sekaligus membantu menurunkan berat badan adalah dengan olahraga jalan kaki. Hasilnya akan lebih maksimal jika Anda tahu cara memaksimalkan jalan kaki untuk membakar kalori.

Seperti diketahui, jalan kaki adalah salah satu aktivitas yang mudah dilakukan namun memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari adalah menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan mental. Namun untuk melakukannya, ada berbagai hal yang harus diperhatikan.

Cara Memaksimalkan Jalan Kaki Untuk Membakar Kalori

Tak peduli berapa usia atau jenis kelamin, memaksimalkan jalan kaki penting dilakukan untuk mendapat hasil yang memuaskan. Selain itu Anda juga akan merasakan perubahan pada tubuh saat rutin jalan kaki. Untuk melakukannya, cobalah untuk memulai rutinitas jalan kaki dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Lakukan Secara Rutin

Kalori yang terbakar saat jalan kaki memang cukup besar. Saat Anda jalan kaki sejauh 1,6 kilometer jumlah kalori yang terbakar kurang lebih 100 kalori. Agar kalori yang terbakar makin banyak lakukan olahraga jalan kaki secara rutin.

  1. Diawali dengan Peregangan

Jangan anggap remeh peregangan karena aktivitas tersebut akan membantu meregangkan sekaligus mengaktifkan otot tubuh. Peregangan juga membantu tubuh lebih hangat serta meminimalisir risiko cedera.

  1. Tambahkan Beban

Disarankan untuk menambah beban di tubuh agar kalori yang terbakar semakin besar. Penambahan beban saat jalan kaki juga akan melatih otot kaki dan tubuh secara keseluruhan. Anda bisa menambah beban dengan alat bantu.

  1. Kombinasikan dengan Joging

Jika kondisi memungkinkan, cobalah untuk mengombinasikan jalan kaki dengan joging. Kombinasi joging-jalan kaki bisa dilakukan dengan durasi masing-masing 10 detik dan 2 menit. Lakukan pengulangan gerakan tersebut sesuai kemampuan Anda. Namun jangan paksakan diri untuk joging. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengombinasikan jalan kaki santai dengan jalan kaki cepat.

  1. Pilih Jalur Menanjak

Tak bisa dipungkiri bahwa jalan kaki di jalur menanjak memang cukup melelahkan, namun kegiatan tersebut akan membantu pembakaran kalori lebih besar. Namun untuk melakukannya pejalan kaki harus hati-hati karena saat jalan kaki di jalur menjanjak akan membebani lutut. Disarankan untuk menyesuaikan dengan kemampuan.

  1. Atur Postur dan Cara Berjalan

Selama berjalan kaki, Anda harus memperhatikan sikap dan postur tubuh yakni dengan menghadap ke depan, dengan kecepatan konstan serta jangkah kaki yang lebih lebar.

  1. Tingkatkan Kecepatan

Saat berjalan kaki, atur tempo dari rendah ke tinggi. Sebagai pemanasan Anda bisa berjalan kaki dengan tempo lambat. Tingkatkan tempo jalan kaki jika sudah merasa nyaman.

  1. Tambah Jumlah Langkah Berkala

Tak perlu ambisius untuk jalan kaki dengan jumlah langkah tinggi. Anda bisa melatihnya secara berkala. Sebagai contoh, di minggu pertama Anda bisa berjalan kaki dengan jumlah sebanyak 5000 langkah, tingkatkan di minggu selanjutnya menjadi 6000 langkah. Penambahan ini dilakukan agar pembakaran kalori semakin besar dan optimal.

Itulah informasi terkait cara memaksimalkan jalan kaki untuk membakar kalori. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.