6 Aktivitas yang Menginspirasi Kreativitas Anak dan Membantu Mereka Belajar Lebih Baik
Ilustrasi aktivitas yang menginspirasi kreativitas anak (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam mengembangkan kreativitas anak-anak, orang tua memerlukan cara yang menyenangkan. Pastinya, perlu membuat mereka tetap bahagia dan sehat. Hal-hal yang inspiratif untuk membangun kreativitas anak-anak, sebenarnya ada di tempat-tempat terdekat. Namun, orang tua perlu memberikan dorongan dan cara tertentu seperti di bawah ini.

1. Fasilitasi dengan kotak ‘ajaib’

Isi kotak ajaib bisa disesuaikan dengan tema tertentu. Misalnya tema sulap, sebuah kotak bisa diisi topi, kostum, jubah, sepatu, tongkat sihir, baju lucu, dan lainnya yang mendukung tema tersebut. Kotak ini bisa meningkatkan kreativitas anak-anak. Mereka akan berimajinasi dengan benda-benda di dalamnya dan biarkan mereka memilih apa yang ingin mereka lakukan.

2. Orang tua beraktivitas bersama anak-anak

Memberi perintah pada anak, tidak membuat semangat anak terpacu. Maka disarankan untuk beraktivitas bersama, supaya mereka tahu apa yang bisa dilakukan. Anda bisa memantik dengan mengerjakan proyek tertentu. Bisa juga dimulai dengan bersepakat akan membuat suatu kerajinan bersama-sama.

aktivitas yang menginspirasi kreativitas anak
Ilustrasi aktivitas yang menginspirasi kreativitas anak (Freepik/gpointstudio)

3. Menggambar

Dorong si kecil untuk membuat gambar dengan membayangkan diri mereka sebagai orang dewasa dan pekerjaan pilihan mereka. Gambar dapat disusun dari kolase kecil, atau bahkan menggabungkan goresan tangan dan potongan kolase gambar. Mereka juga dapat menambahkan kain tiga dimensi ke gambar mereka, misalnya tulle untuk balerina atau gaun cantik untuk model. Biarkan mereka menggunakan kreativitas mereka dan menyimpan semua gambar yang indah ini.

4. Beri kesempatan anak memimpin proyek tertentu

Memberi kesempatan anak memimpin, melatih mereka belajar bagaimana membuat keputusan sendiri ketika mereka tumbuh dewasa. Anda bisa melatih buah hati sejak dini sehingga mereka terbiasa dengan pola-pola pemikiran yang mandiri. Misalnya, saat berjalan-jalan di taman, biarkan mereka memimpin dan memilih rute. Atau biarkan mereka memilih permainan yang ingin mereka mainkan. Bagi orang tua, penting untuk memberikan kepercayaan pada mereka sehingga mereka percaya diri dan berpikir kreatif.

5. Beri mereka waktu luang

Sangat penting bahwa dari waktu ke waktu membiarkan anak Anda rileks dengan beristirahat sejenak. Beri mereka waktu tidak terstruktur dan menghabiskan beberapa jam di rumah tanpa ada jadwal kegiatan. Dengan begitu mereka bisa bermain dan bersenang-senang sendiri.

aktivitas yang menginspirasi kreativitas anak
Ilustrasi aktivitas yang menginspirasi kreativitas anak (Freepik/master1305)

6. Bantu anak-anak untuk mengejar apa yang mereka sukai

Sebagai orang tua, Anda harus selalu membantu anak-anak mengejar hasrat mereka. Ini akan membuat mereka lebih kreatif, seperti dengan melakukan tarian sesuai kesukaannya, melukis, atau aktivitas lain yang mereka inginkan.

Di samping keenam cara yang dapat menginspirasi kreativitas anak di atas, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Termasuk merespons benda-benda di sekitar dan membuat narasi tentang benda tersebut. Adakah yang sering Anda lakukan dan berhasil membuat anak menciptakan satu hal yang menandai kreativitasnya?