Selain Anak-anak, Ini Manfaat Bermain Bagi Orang Dewasa
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sama seperti anak-anak, bermain juga sama pentingnya bagi orang dewasa. Rasa bahagia saat bermain dapat mendatangkan kesejahteraan dalam kehidupan orang dewasa. Bermain bisa mendatangkan banyak manfaat untuk orang dewasa seperti mampu meningkatkan kreativitas, mempertajam selera humor, dan membantu mengatasi stres dengan baik. Selain itu, apalagi manfaat bermain bagi orang dewasa? Simak selengkapnya berikut ini, melansir Psych Central, Selasa, 6 Februari.

Meningkatkan kebahagiaan

Sebuah studi tahun 2011 membahas bagaimana keceriaan pada orang dewasa dapat membentuk karakter baru yang menyenangkan. Seperti suka membuat orang tertawa, kemampuan meredakan ketegangan, dan mampu mendukung proses kreatif dalam suatu kelompok.

Para peneliti meminta para relawan menilai diri mereka sendiri berdasarkan lima jenis "perilaku ceria", yaitu spontan, ekspresif, kreatif, menyenangkan, dan konyol. Mereka menemukan bahwa skor ceria yang lebih tinggi dikaitkan dengan:

  • kreativitas yang lebih tinggi
  • menghargai keindahan
  • mendekati kehidupan dengan kegembiraan dan energi
  • ekspresi cinta yang lucu
  • rasa harapan
  • selera humor

Peneliti pun menyimpulkan bahwa keceriaan berkontribusi secara signifikan terhadap kesejahteraan secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2013 juga secara positif mengaitkan permainan dan kesenangan dengan kesejahteraan dan kepuasan hidup. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang suka bermain cenderung melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan dan memiliki cara hidup yang lebih aktif daripada orang dewasa yang kurang suka bermain.

Membantu mengatasi stres

Menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang membuat Anda senang dan gembira memiliki efek relaksasi yang menangkal stres. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa orang dewasa yang suka bermain dilaporkan memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Bermain juga membantu mereka menggunakan gaya koping yang lebih sehat seperti penerimaan dan pembingkaian ulang yang positif.

Para peneliti menemukan bahwa meskipun orang dewasa yang suka bermain dan kurang bermain dilengkapi dengan keterampilan koping yang sama, orang dewasa yang suka bermain lebih mungkin menggunakannya secara efektif.

Meningkatkan kesehatan fisik

Orang dewasa yang meluangkan lebih banyak waktu untuk bermain memiliki kehidupan yang lebih aktif. Karena gaya hidup yang aktif maka tak heran fisik mereka pun jadi lebih sehat.  Penulis Studi 2016 menekankan pentingnya membuat aktivitas fisik menjadi "menyenangkan" bagi orang dewasa. 

Mereka memperhatikan bahwa anak-anak cenderung lebih termotivasi secara intrinsik untuk berolahraga saat bersenang-senang, seperti melompat dan bermain di air. Dengan kata lain, orang dewasa juga dapat memanfaatkan waktu bermain untuk olahraga. Misalnya jalan-jalan keliling pusat perbelanjaan. Selain hati senang karena menghabiskan waktu untuk cuci mata, tubuh pun jadi sehat karena Anda banyak jalan.