7 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga, Sederhana Tetapi Istimewa
Ilustrasi aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga (Freepik/tirachardz)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak sekali kegiatan yang dilakukan bersama keluarga. Mulai dari hal-hal yang sederhana hingga yang sangat bermakna. Apakah Anda sedang mencari ide tentang aktivitas yang dilakukan bersama keluarga apa saja? Daftar di bawah ini, bisa dijadikan inspirasi.

1. Menyulap rumah menjadi tempat menyenangkan

Ada banyak hal yang bisa dikerjakan di rumah. Termasuk menyulap rumah menjadi tempat yang menyenangkan. Mulai dari mengisi meja makan dengan masakan istimewa buatan keluarga. Hingga mengolah kebun bersama menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai. Anda tidak harus memasang perosotan untuk bermain anak-anak selama di rumah. Cukup hanya menyediakan ruang bermain dan permainan yang kreatif untuk mereka.

Sederhananya, cukup sediakan tembok berekspresi. Biarkan kreativitas anak merespons dengan spidol. Ini akan menjadi aktivitas menyenangkan selama di rumah untuk anak.

aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga
Ilustrasi aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga (Freepik)

2. Merayakan hal-hal kecil

Anda perlu mulai menandai kalender tanggal-tanggal penting yang berkaitan dengan hal-hal kecil. Misalnya, hari kelahiran hingga hari kelulusan atau bahkan mengikuti momen tertentu yang bersifat khusus. Bahkan, Anda dan keluarga bisa merayakan akhir pekan dengan kesenangan sederhana. Seperti menyulap ruang tengah menjadi bioskop atau makan malam dengan tema khusus.

3. Mengganti waktu belajar untuk bermain

Permainan adalah cara belajar yang kreatif. Anda perlu mencari banyak informasi tentang hal ini. Jadi, anak-anak tetap belajar tetapi dengan aturan permainan. Seperti menyebutkan kata yang berawalan huruf tertentu. Atau membaca buku bersama dengan suara keras dan bergantian.

4. Merencanakan petualangan bersama

Petualangan di sekitar rumah, bisa jadi hal menyenangkan untuk keluarga. Anda cukup membuat aturan permainan menggunakan peta. Tunjuk satu kota dan mintalah keluarga yang lain menyebutkan tentang apa yang khas dari kota tersebut. Dari situ, cerita menyenangkan akan mewarnai tawa dan canda bersama keluarga di rumah.

aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga
Ilustrasi aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga (Freepik)

5. Saling memberi kejutan

Banyak orang menyukai kejutan, terutama dari orang terdekatnya. Rencanakan aktivitas di rumah bersama keluarga ini jauh-jauh hari. Biarkan anak-anak memikirkan dan berkreasi apa yang akan diberikan kepada kedua orang tuanya. Anda juga perlu memikirkan apa yang bisa membuat kejutan manis yang sederhana menjadi istimewa.

6. Membuat dan makan kue

Memasak bersama keluarga di rumah dan memakannya beramai-ramai, tentu akan manis. Anda bisa meluangkan waktu ini dan mempersiapkan bahan apa saja yang dibutuhkan. Pilihlah kue yang sederhana dan anti gagal agar tak membuat acara bubar. Atau Anda ingin tantangan khusus? Maka buatlah menu paling disukai keluarga.

7. Melakukan pekerjaan rumah seperti bermain

Keluarga yang bisa mengemas momen tak menyenangkan menjadi suasana gembira, merupakan ciri-ciri keluarga bahagia. Bahkan aktivitas di rumah seperti merapikan pakaian hingga membersihkan kamar mandi, bisa menyenangkan jika dilakukan dengan rule permainan.

Aktivitas di rumah bersama keluarga, umumnya bersifat sederhana. Anda cukup membuat kesepakatan dengan orang di rumah, dan momen sederhana tetapi istimewa bisa diperoleh dengan aktivitas tersebut.