Aktivitas Sehari-hari yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Kebersamaan Keluarga
Ilustrasi (Jessica Rockwitz/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ikatan emosional dalam keluarga tidak terlahir begitu saja, melainkan diciptakan sedemikian rupa lewat kebiasaan-kebiasaan setiap hari. Ritual-ritual keluarga seperti mendongeng sebelum tidur, beribadah bersama atau makan malam bersama bisa menciptakan suasana hangat dan rasa aman bagi anggota keluarga. Sehingga kenangan akan kehangatan dan rasa aman itulah yang membuat tiap anggota keluarga selalu punya ikatan dengan rumah.

Lalu, apa saja kira-kira kegiatan yang bisa jadi sarana bonding keluarga? Melansir Family Love To Know, Senin, 30 Mei, berikut daftarnya.

Membuat kue

Memanggang kue adalah salah satu kegiatan menyenangkan di dapur yang  dapat menyatukan semua orang dalam keluarga. Membuat kue bisa sama menyenangkannya dengan memakannya. Agar anak dapat berpartisipasi, minta ia untuk menghias kue dengan hiasan kesukaannya. 

Membersihkan rumah

Membersihkan rumah bersama terdengar seperti hal yang tidak logis untuk mempererat ikatan keluarga. Lagi pula, sebagian orang tidak menyukai pekerjaan ini karena dianggap repot dan melelahkan.

Tetapi kerja tim yang dibutuhkan seluruh keluarga untuk membersihkan rumah dapat membangun kekompakan keluarga. Anda bisa memulainya dengan bagi-bagi tugas. Misalnya, ayah melepaskan gorden dan karpet untuk dicuci, ibu mengelap debu di perabotan rumah, sementara anak-anak menyapu dan mengepel lantai.

Agar pekerjaan makin menyenangkan dan tak terasa membosankan, Anda bisa memutar musik sambil membersihkan rumah.

Makan malam bersama

Makan malam bersama adalah salah satu cara tepat untuk terhubung satu sama lain dan berbagi detail hari Anda bersama keluarga. Anda bisa memasak bersama untuk meningkatkan bonding time atau membuatnya sesederhana dengan memesan pizza dan menikmatinya bersama.

Jalan-jalan

Keluar dan menikmati udara segar bisa jadi penghilang stres yang baik serta cara menyenangkan untuk mengajak semua orang bercerita sambil menikmati pemandangan. Anda dan keluarga dapat berjalan-jalan di sekitar lingkungan atau pergi ke taman sekitar hingga jelajahi jalur hiking.

Bercerita satu sama lain

Bercerita terbukti dapat meringankan beban pikiran seseorang. Dalam hal ini, tentu Anda disarankan menceritakan pengalaman, masalah, atau tiap hal yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari di kantor atau sekolah kepada orang-orang terpercaya, terutama keluarga agar mereka dapat memberi nasihat atau petunjuk.

Bercerita dapat dibiasakan untuk menjadi kegiatan sehari-hari di dalam keluarga, apalagi jika hal tersebut memang membebani pikiran. Agar asyik dan berkesan, Anda bisa saling bertukar cerita dengan tiap anggota keluarga di ruangan yang memang menjadi tempat berkumpul, seperti ruang keluarga ataupun ruang makan.