5 Aktivitas Sederhana di Rumah untuk Merayakan Hari Kasih Sayang Bersama Keluarga
Ilustrasi memasak bersama (Unsplash/Jimmy Dean)

Bagikan:

JAKARTA – Perubahan kebiasaan dalam merayakan Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine disebabkan pandemi. Hal eksternal seperti pandemi memang tak bisa dihindari. Paling bijak, Anda dapat merayakan kehangatan kasih bersama keluarga tercinta di rumah.

Berdasarkan rekomendasi, Anda dapat melakukan aktivitas sederhana berikut di bawah ini dengan tanpa mengurangi kadar cinta kepada keluarga.

Menikmati pendar matahari sore hari

Perasaan cinta sering diasosiasikan dengan senja. Tak salah jika Anda dan keluarga menyiapkan sejumlah kursi beserta meja lengkap dengan kudapan sederhana di balkon rumah. Bercengkerama dengan keluarga di rumah memang cara paling aman untuk kesehatan.

Disamping dapat meningkatkan hormon bahagia pada seluruh anggota keluarga, menikmati senja juga bisa jadi momen hangat pada Hari Valentine.

Bertukar hadiah

Hadiah menjadi bernilai bukan karena harganya. Namun karena intensi atau muatan yang terkandung di dalamnya atau apa yang ingin disampaikan lewat simbol materiil. Misalnya kartu ucapan buatan sendiri atau secangkir cokelat hangat untuk istri dengan kehangatan sikap, tentu ini cukup membahagiakan bukan?

Menonton tayangan romantis

Apapun acaranya, televisi memiliki peran besar dalam menyatukan seluruh elemen keluarga. Mulai dari sajian dari tayangan berbayar hingga musik-musik romantis yang memicu Anda dan pasangan bernyanyi bersama.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Chineye Nwabueze, Ph.D. dan Emmanuel Adishika dan dipublikasikan di Advance Social Science Research Journal, menonton tayangan romantis meningkatkan komitmen keluarga.

Artinya, tak keliru jika melihat tayangan-tayangan romantis untuk merayakan hari istimewa bersama keluarga di rumah.

Memasak bersama

Aktivitas domestik seperti memasak memiliki peran besar dalam aspek psikologis keluarga. Selain meningkatkan kebahagiaan, memasak bersama juga akan lebih hemat.

Banyak penelitian psikologi menemukan bahwa memasak bersama di rumah, baik bersama anggota keluarga maupun teman dekat, dapat meningkatkan rasa percaya diri, kedekatan hingga membiasakan pola makan sehat.

Memanfaatkan platform digital

Jika perjumpaan adalah hal penting namun mengingat pembatasan berskala global, maka platform digital sementara menjadi ‘penolong’. Anda dapat mengundang segenap pihak keluarga dengan mode meeting lewat Zoom, Google Meeting atau berskala tidak banyak user dengan Whatsapp Video Call.

Media lain yang dapat menyatukan perasaan juga dapat dilakukan, misalnya bermain gim. Bukan gim dalam genggaman telepon pintar, tetapi gim yang bisa dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Misalnya, tebak pose, truth or dare atau saling membacakan karya puisi romantis dari sejumlah sastrawan favorit.

Yang jelas, dalam setiap keterbatasan selalu ada cara kreatif untuk merayakan harinya kasih sayang bersama keluarga atau orang tercinta.