Selain Jaga Keseimbangan Emosional, 5 Macam Hobi Ini Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi hobi untuk kesehatan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jadwal yang padat berpotensi mengacaukan keseimbangan mental. Efeknya, tubuh lelah, stres, hingga merembet pada penurunan kesehatan fisik. Untuk jaga keseimbangan mental, menekuni hobi bisa dilakukan. Kalau kata Stephanie Gilbert, terapis berlisensi yang menangani pernikahan dan keluarga di California, hobi enggak hanya buat anak-anak dan remaja. Orang dewasa perlu terus mengembangkan hobi untuk berbagai manfaat.

Hobi membantu kita untuk menyeimbangkan emosi, meningkatkan kesenangan hidup, dan mendorong rasa bermain. Faktanya, dilansir dalam American Journal of Lifestyle Medicine, orang yang tinggal di kawasan blue zone, meluangkan waktu untuk kegiatan rekreasi. Kawasan tersebut ialah di Okinawa, Jepang; Sardinia, Italia; Nicoya, Kosta Rika; Ikaria, Yunani; Loma Linda, California. Mereka berusia panjang karena aktivitas rekreasi, contohnya menekuni hobi.

hobi untuk kesehatan
Ilustrasi hobi untuk kesehatan (Pexels/Matheus Veana)

Sederet penelitian merekomendasikan untuk konsisten menghabiskan waktu beberapa jam sehari. Bahkan Anda bisa menekuni hobi hanya seminggu sekali. Ketika mencoba mengisi waktu bersantai dengan hobi, ada jeda dari tanggung jawab yang menekan. Penelitian diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology, mencatat bahwa menghabiskan waktu empat jam untuk hobi dapat membuat peserta penelitian lebih berperasaan positif. Berikut, hobi yang bisa dilakukan dan dimasukkan dalam jadwal rutin Anda.

1. Membaca untuk menenangkan pikiran

Seorang dokter keluarga dan asisten profesor kedokteran Universitas Georgetown, Washington, mengatakan kalau meluangkan waktu untuk membaca dapat membantu menenangkan pikiran. Kalau Anda tak suka duduk diam dan membaca, bisa mendengarkan audiobook sambil berjalan-jalan ke taman.

hobi untuk kesehatan
Ilustrasi hobi untuk kesehatan (Pexels/Lum3)

3. Meditasi untuk menurunkan tingkat stres

Menjadikan meditasi sebagai hobi, tak ada salahnya. Meski meditasi merupakan hobi bertempo lambat, tetapi bermanfaat. Baik bagi kesehatan mental hingga menurunkan tekanan darah, menurunkan detak jantung, dan mengurangi kadar hormon stres atau kortisol.

4. Aktivitas di luar ruangan

Mulai dari hiking hingga berkebun merupakan hobi luar ruangan yang membantu tubuh bugar dan seimbang secara emosional. Sebab, menurut LaTasha Perkins, MD., dilansir Everyday Health, Jumat, 16 September, aktivitas di luar ruangan dapat memicu pelepasan endorfin. Efek lebih jauh, pikiran lebih positif, suasana hati meningkat, dan sehat secara fisik.

5. Yoga untuk relaksasi

Yoga adalah hobi yang bagus untuk meningkatkan pernapasan dan relaksasi. Stres juga akan berkurang, tambah Perkins. Manfaat yoga juga ditunjukkan dalam Journal of Sports Science and Medicine, bahwa yoga melibatkan sistem saraf parasimpatis atau kebalikan dari respons stres fight-or-flight.

6. Proyek seni untuk mengurangi stres

Sebuah penelitian diterbitkan tahun 2022 di International Journal of Women of Technical Education and Employment menemukan bahwa melukis dapat meningkatkan perhatian, harga diri, dan menghilangkan stres. Bisa juga dengan menikmati karya-karya visual bergaya figuratif di museum seni sebagai hobi untuk kesehatan dan bermanfaat menurunkan tekanan darah.