Menghitung Biaya Main Golf dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Iluatrasi golf (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Golf merupakan salah satu olahraga yang sering disebut sebagai olahraga orang kaya atau olahraga mahal, terlebih lagi jika ditekuni karena hobi. Sebenarnya, berapakah biaya main golf hingga sebutan tersebut melekat pada olahraga ini? Selain itu, apa yang membuatnya menjadi mahal?

Orang yang ingin bermain golf setidaknya butuh satu set lengkap tongkat golf dengan aksesori tambahan, seperti bola, tee, dan handuk. Selain itu, tentu saja dibutuhkan lapangan khusus untuk melakukan olahraga golf, dengan kata lain menyewa lapangan golf. Belum lagi biaya tambahan untuk pakaian golf spesialis dan biaya keanggotaan yang nilainya bisa mencapai ratusan atau ribuan dolar per tahun.

Menghitung Biaya Main Golf

Golf memang olahraga yang mahal jika dibandingkan olahraga lain yang populer di masyarakat, baik dalam hal peralatan maupun sewa lapangan. Harga satu set peralatan golf bisa lebih dari Rp30 juta. Anda bisa membeli peralatan golf secara satuan, tetapi jatuhnya bisa lebih mahal.

Untuk bisa bergabung dengan sebuah klub golf, Anda bisa dikenai biaya mulai dari Rp2 juta hingga Rp25 juta. Angka tersebut adalah biaya untuk satu kali berlatih atau bermain. Selain itu, ada pula iuran bulanan yang harus dibayar. 

Mari kita tinjau biaya main golf tersebut dengan lebih dalam. Orang yang bermain golf butuh keanggotaan klub, driver, pakaian golf, bola, tas, dan peralatan yang lain. Kita tinjau dahulu bagian yang paling penting dari golf, yaitu tongkat golf. Harga tongkat golf standar dan lengkap yang baru bisa mencapai sekitar 500 dolar AS. Jika berdasarkan kurs saat ini kurang lebih Rp7.450.000.

Kemudian, harga tas golf standar tanpa merek terkenal minimal 100 dolar AS atau sekitar Rp1.450.000. Menurut Windtree Golf, harga 24 bola golf sekitar 30—50 dolar AS atau sekitar Rp450.000 hingga Rp750.000. Biaya alat tambahan tee dan handuk kurang lebih 15 dolar AS atau sekitar Rp224.000.

Selanjutnya adalah biaya untuk pakaian yang digunakan saat bermain golf. Pakaian berarti mencakup sepatu, satu/dua kaus berkerah, sepasang celana pendek, dan topi golf. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk barang-barang tersebut sekitar 300—500 dolar AS atau sekitar Rp4.500.000 hingga Rp7.450.000.

Pemeliharaan Lapangan Golf

Tak hanya peralatan yang membutuhkan biaya banyak. Biaya untuk lapangan golf juga tak murah, terlebih lagi untuk perawatan dan pemeliharaan selama 365 hari dalam setahun, apalagi lapangan 18 hole penuh yang merupakan standar kejuaraan. Setiap pemain membutuhkan lahan yang luas secara eksklusif untuk bermain.

Biasanya, biaya pemeliharaan dibayar dari kantong para pemain. Inilah sebabnya paket keanggotaan cukup mahal untuk memenuhi kebutuhan pemeliharaan lapangan. Biaya yang perlu dikeluarkan terkait lapangan golf untuk satu putaran ada di kisaran Rp150.000 hingga Rp1 jutaan. Lapangan golf juga bervariasi dari diskon untuk penduduk dan waktu pertandingannya. Akhir pekan lebih mahal daripada hari kerja.

Manfaat Main Golf

Semua jenis olahraga memberikan manfaat, terutama bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat kesehatan olahraga golf?

Olahraga ini melatih kekuatan dan daya tahan tubuh. Itu karena permainan golf menggunakan lapangan yang sangat luas sehingga para pemain harus berjalan cukup jauh dari satu hole ke hole yang lain. Nah, Hal ini mampu melatih kekuatan dan daya tahan tubuh Anda.

Golf juga melatih keseimbangan dan konsentrasi. Saat mengayunkan tongkat golf, Anda harus bisa mempertahankan keseimbangan ayunan dan badan, serta menjaga konsentrasi agar ayunan tersebut tidak melenceng dari bola.

Golf juga melatih fleksibilitas tubuh. Saat mengayunkan tongkat, ada teknik tertentu yang harus dikuasai agar hasilnya bagus dan tidak memberikan cedera. Ayunan tersebut membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel.

Selain itu, golf bisa mengurangi stres. Olahraga golf merupakan olahraga ringan yang bisa membuat suasana hati dan pikiran menjadi tenang dan lebih positif. Terlebih lagi, Anda akan melihat hamparan hijau rerumputan. Ini akan membuat mata dan pikiran Anda menjadi lebih segar. Ini seperti Anda sedang olahraga sambil berwisata golf. Jadi, biaya main golf memang tidak murah, tetapi juga memberikan banyak manfaat.