Menparekraf Sandiaga Uno Optimistis Wisata Golf Belitung Mampu Bangkitkan Ekonomi lewat Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Uno ketika mengikuti Let's Go Belitung Golf di kawasan Black Rocks Golf Tanjung Tinggi. (Foto: ANTARA)

Bagikan:

BANGKA BELITUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno optimistis wisata golf di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mampu membangkitkan ekonomi lewat pariwisata.

Hal ini disampaikan Sandiaga Uno dalam kegiatan turnamen Let's Go Belitung Golf 2022 yang berlangsung di Blacks Rock Golf Tanjung Tinggi, Belitung.

"Wisata golf sangat berpengaruh terhadap kebangkitan pariwisata dan para pelaku ekonomi sangat merasakan manfaatnya," kata Sandiaga Uno dikutip dari Antara, Jumat 27 Mei.

Menurut dia, wisata golf menjadi wisata yang berkualitas karena waktu kunjungan (length of stay) seorang wisatawan menjadi lebih lama karena ingin bermain golf beberapa kali.

Wisata golf juga membuat quality of spending" atau jumlah biaya yang dikeluarkan oleh seorang wisatawan menjadi lebih tinggi sehingga sangat berpengaruh terhadap kebangkitan pariwisata.

"Dan yang terpenting adalah lapangan kerja yang diciptakan. Tadi para caddy golf dan pelaku ekonomi sangat merasakannya dalam konsep berbelanja oleh-oleh," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, potensi wisata golf di Belitung juga memiliki peluang pasar di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

"Black Rocks Golf ini berbeda dengan lapangan-lapangan golf yang ada di Jakarta dan sekitarnya karena ada formasi batu-batu hitam," katanya.

Ia berharap, pelaksanaan kegiatan wisata olahraga tersebut dapat menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

"Karena ada beberapa pasar yang potensial seperti Singapura, Malaysia dan Australia," ujarnya.