Menparekraf Sandiaga Uno Minta UMKM Kolaborasi dengan Paltform Digital
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus berkomitmen membuat usaha mikro menengah dan menengah (UMKM) berperan dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Terbaru, Sandiaga mengajak para pelaku UMKM untuk berkolaborasi dengan platform digital agar dapat makin menciptakan peluang usaha, membangkitkan ekonomi, dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat membuka webminar daring kajian ekonomi series 5 dengan yang mengangkat tema Kolaborasi Dengan Platform Digital Bawa UMKM Tanah Air Melangkah Maju di Jakarta. Kegiatan webminar yang diadakan Kemenparekraf ini didukung juga oleh Yayasan Indonesia Setara.

"Sesuai dengan gerakan nasional bangga buatan bangsa, kami awalnya sudah mengajak pelaku UMKM transformasi digital. Kita ingin membuat program yang simpel, seperti program stimulus bangga buatan Indonesia dengan konsep pelatihan, pendamping, dan on boarding oleh pelaku industri," kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Kamis 26 Mei.

Narasumber CEO & Founder Bhinneka Hendrik Tio menyebutkan, pihaknya sudah memulai e-commerce sejak 1999 di mana saat itu koneksi internet belum memadai.

"Kita sejak tahun 2000-an mulai menyadari bahwa ke depannya akan tejadi shifting market di mana konsumen tidak akan lagi belanja secara langsung tetapi secara online karena akan memiliki banyak pilihan terhadap produk yang dicari atau dibutuhkan," ujar Hendrik Tio.

"Para pelaku UMKM pun tidak hanya sekadar berada pada posisi sebagai seorang penjual saja tetapi juga merupakan mitra bisnis Bhinneka secara langsung. Dalam dua tahun terakhir, kami fokus mengembangkan Business Super Ecosystem dengan menghadirkan dua solusi bisnis, yakni marketplace dan e-procurement marketplace," kata Hendrik Tio.

Brand Adventure Indonesia, Arto Biantoro mengatakan, para pelaku UMKM membutuhkan pendampingan dan pelatihan dari pemerintah dan komitmen tersebut ditunjukkan Kemenparekraf dengan berbagai program inovatif yang digagas Menparekraf Sandiaga Uno.