Di Hadapan Seniman Taman Balekambang Surakarta, Jokowi Berharap Aktivitas Seni Menggeliat Kembali Setelah Dihantam Pandemi
Presiden Jokowi. (Setpres/Kris)

Bagikan:

SURAKARTA - Presiden Jokowi memberikan bantuan kepada pekerja seni saat mengunjungi Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Di hadapan para pekerja seni, Jokowi berharap melandainya kasus COVID-19 menjadi momentum menggeliatnya kembali aktivitas seni dan budaya setelah selama dua tahun terakhir terdampak pandemi.

“Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan, dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” kata Jokowi di Taman Balekambang, Surakarta, Kamis, 26 Mei.

Mantan Wali Kota Solo ini juga menginginkan Taman Balekambang yang telah direvitalisasi ini dapat menjadi pusat kebudayaan.

“Akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun,” ucap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah akan selalu mendukung revitalisasi yang berkaitan dengan fasilitas kesenian dan kebudayaan.

“Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan mendorong, di mana pun,” ujarnya

Saat mengunjungu Taman Balekambang, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.