Upacara HUT Kota Surakarta, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Mangkunegara X Kolaborasi
Upacara HUT Kota Surakarta (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Penguasa Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X menjadi inspektur Upacara HUT Ke-279 Kota Surakarta yang dilaksanakan di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah, Sabtu. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka juga turut serta dalam acara tersebut. 

"Tentu saya senang bisa ikut berkontribusi untuk acara ini, terutama di Balekambang yang sangat dekat dengan sejarah kami," kata KGPAA Mangkunegara X yang juga akrab disapa Gusti Bhre tersebut.

Ia mengatakan Taman Balekambang yang dibangun oleh Mangkunegara VII, saat ini jauh lebih terawat, rapi, dan cantik. Dia menjelaskan Solo kaya dengan sejarah, tradisi, dan adat.

Terkait dengan hal itu, ia meminta kepada seluruh pihak untuk memegang nilai-nilai tersebut. "Kita harus berkembang dengan memegang nilai-nilai itu. Ibarat sejarah itu akarnya, kita tumbuhin pohonnya dengan akar itu," katanya.

Ia juga mengingatkan pentingnya kolaborasi. Menurut dia, selama dua tahun terakhir banyak terjalin kolaborasi antara Pura Mangkunegaran dan Pemkot Surakarta.

"Semoga kolaborasi ini terus langgeng ke depannya dan masyarakat bisa menikmati manfaatnya," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berharap, program kerja pemerintah daerah yang dicanangkan sejak awal dirinya menjabat kepala daerah setempat bisa selesai tepat waktu.

"Infrastruktur yang terbangun bisa dimanfaatkan oleh warga, bisa menghasilkan multiplier effect yang luar biasa, terutama untuk pertumbuhan ekonomi," katanya.

Ia mengharapkan Taman Balekambang bisa dimanfaatkan oleh para seniman, budayawan, dan pemerintah untuk kolaborasi melestarikan kekayaan daerah.