Tokoh Nasional Ikuti Kirab Pusaka Dalem Mangkunegaran Solo, Ada Gibran, Ganjar Pranowo hingga Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo
Kirab Pusaka Dalem Pura Mangkunegaran Solo, Jumat (29/7/2022). ANTARA/Aris Wasita

Bagikan:

SOLO - Sejumlah tokoh nasional mengikuti Kirab Pusaka Dalem Mangkunegaran Solo pada malam 1 Sura.

Dilansir ANTARA, Jumat, 29 Juli, beberapa tokoh nasional yang ikut pada kirab tersebut di antaranya anggota DPR Aria Bima dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Selain itu, yang juga terlihat mengikuti kirab yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Pada kirab tapa bisu tersebut seluruh peserta kirab berjalan kaki mengelilingi bagian luar Pura Mangkunegaran. Ada empat pusaka milik Pura Mangkunegaran yang dikeluarkan dan diikutkan dalam kirab, yakni tiga tombak dan satu joli.

Sesuai tradisi, penguasa Mangkunegaran yakni Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X hanya melepas rombongan dan tidak mengikuti kirab.

Koordinator seksi kirab Pura Mangkunegaran Solo Mas Ngabehi Bambang Suhendro mengatakan prosesi Kirab Pusaka Dalem Pura Mangkunegaran kali ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dia mengatakan yang membedakan adalah tahun ini tidak ada prosesi udek-udek, yakni Penguasa Pura Mangkunegaran menyebarkan uang beserta bunga untuk diperebutkan seluruh peserta kirab.

"Dulu Kanjeng Gusti (Mangkunegara IX) yang terakhir. Sekarang tidak ada udek-udek," katanya.

Mas Ngabehi Bambang Suhendro mengatakan selama berkeliling para peserta kirab tidak boleh menggunakan alas kaki dan tidak diperkenankan berbicara karena upacara tersebut bermakna hubungan manusia dengan bumi yang berbakti pada Tuhan Maha Kuasa dalam keadaan suci.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan kegiatan kebudayaan harus banyak ditampilkan agar masyarakat dapat ikut menikmati kebudayaan yang dimiliki.

"Banyak kegiatan budaya yang harus terus ditampilkan agar masyarakat bisa ikut menikmatinya seperti malam ini," katanya.