Inspirasi Hobi Murah dan Menyenangkan untuk Isi Waktu Luang
Hobi (Foundry Co-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ada waktu luang, Anda mungkin akan menghabiskannya untuk bersantai sambil membuka media sosial. Bila sudah bosan, apa lagi yang bisa dilakukan?

Ini saatnya Anda melakukan sebuah hobi menyenangkan dan membuat waktu senggang menjadi produktif. 

Hobi dapat mengasah keterampilan dan kreativitas Anda. Ditambah lagi, punya hobi juga bisa membuat tubuh lebih sehat, menghilangkan kejenuhan, mengurangi stres, dan pastinya menambah kemampuan pribadi. 

Meski ada hobi-hobi yang tampak mahal, misalnya mengoleksi benda-benda mewah, traveling keliling dunia, atau mungkin berolahraga dengan sepeda ratusan juta? Namun, ada banyak pilihan hobi lain yang tak kalah seru dan pastinya murah meriah. 

Bila merasa sering bosan belakangan ini, mungkin Anda bisa mempertimbangkan hobi-hobi berikut ini untuk menemani hari-hari jadi lebih berwarna:

Menulis

Hobi menulis adalah kegiatan yang murah dan bisa membawa dampak positif pada kesehatan mental. Anda bisa menulis apapun, mulai dari mencurahkan perasaan, buah pikiran, opini, pengalaman, cerita pendek, puisi, surat, hal-hal yang disyukuri setiap hari atau mungkin tentang mimpi-mimpi yang ingin dicapai. 

Anda bisa menulis untuk disimpan sendiri atau dibagian ke publik, misalnya menulis di blog pribadi. 

BACA JUGA:


Membaca

Membaca bisa memberikan hiburan sekaligus wawasan. Bila Anda punya koleksi buku yang belum sempat dibaca, inilah saatnya menuntaskan semua bacaan. Tak perlu membeli baru, Anda bisa membaca buku digital versi gratis, meminjam dari perpustakaan, atau bahkan meminjam dari teman. 

Memasak

Hobi memasak juga menyenangkan lho, apalagi hasilnya bisa dinikmati bersama orang-orang tersayang, atau setidaknya untuk diri sendiri. Jika sebelumnya bahkan tak pernah masuk ke dapur, mulailah dari menu-menu sederhana.

Sekarang ini belajar masak bisa dibilang mudah. Tinggal cari menu yang diinginkan, cek video tutorial di Youtube, dan contek prosesnya. Semakin lama, Anda bisa meningkatkan keterampilan dengan memasak menu-menu yang lebih kompleks. 

Kerajinan tangan

Ide hobi lain yang bisa membuat Anda tetap produktif di tengah waktu luang adalah membuat kerajinan tangan. Bisa menjahit, merajut, menyulam, merangkai bunga, membuat origami, membuat aksesoris dari bahan bekas atau bahkan membuat gerabah.