Mengenal <i>Birdwatching</i>, Aktivitas Mengamati Burung yang Bermanfaat untuk Kesehatan mental
Ilustrasi aktivitas mengamati burung atau birdwatching bermanfaat untuk kesehatan mental (Freepik/Kuritafsheen77)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menikmati waktu senggang disela kesibukan harian, banyak yang bisa dilakukan. Termasuk membuka jendela dan mengamati burung liar berkeliaran di sekitar rumah. Mengamati burung dikenal dengan birdwatching. Aktivitas ini sudah lama digiati oleh sekelompok orang, bahkan menjadi hobi saat senggang.

Di samping berkaitan dengan tujuan konservasi, birtwatching dengan mengamati burung di alam bebas juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Secara spesifik, berikut manfaat birtwatching bagi kesehatan mental atau pereda stres.

1. Menjaga fokus

Kalau Anda mengenal konsep being present, tentu akan memahami manfaat mengamati burung yang pertama ini. Dengan fokus dan berkonsentrasi pada situasi saat ini, ini membuat Anda mengabaikan hal lain di luar tangkapan indra. Artinya, birtwatching membantu mengurangi overthinking pada hal yang belum tentu terjadi.

aktivitas mengamati burung atau birdwatching
Ilustrasi aktivitas mengamati burung atau birdwatching bermanfaat untuk kesehatan mental (Freepik/Gpointstudio)

2. Dekat dengan alam membantu mengatur suasana hati

Bosan dan penat setelah dilanda tugas pekerjaan, bisa diatasi dengan bergumul dengan alam bebas. Ketika Anda menikmati udara segar, hiau pepohonan, dan cericit burung berkeliaran, akan membantu Anda menjaga kesehatan pikiran dan tubuh. Bahkan, dapat menyegarkan kembali dari kepenatan tugas pada hari kerja.

3. Mengamati burung seperti meditasi

Meditasi bermanfaat bagi pikiran dan perasaan. Melansir Garden Health, Rabu, 12 Oktober, mengamati burung seperti meditasi karena harus duduk, diam, dan menghilangkan gangguan. Saat Anda menatap ke luar jendela atau berada di alam terbuka, pikiran secara otomatis mengembara dan istirahat sejenak dari hiruk-pikuk kesibukan.

4. Membantu membangun perspektif

Pernahkah Anda melihat burung hitam membangun sarang? Atau melihat bagaimana telur burung menetas dan mereka tumbuh hingga dapat mengepakkan sayapnya. Sketsa tersebut diciptakan oleh alam yang memiliki implikasi pada kehidupan atau kematian yang nyata. Dengan mengamati sketsa alam tersebut, bisa membantu memberi perspektif pada proyek pekerjaan atau masalah keluarga, misalnya.

5. Mengamati burung bisa menghibur

Mengamati burung cukup menghibur, karena burung memiliki kehidupan menarik yang menyenangkan kalau dinikmati sambil duduk bersantai. Kadang, perilaku burung yang tak pernah diamati sebelumnya, bisa membuat kita takjub. Bahkan tak jarang menemukan inspirasi dari mengisi waktu luang dengan rileks menikmati aktivitas di alam bebas.