Mulai Diminati Artis, Apa Saja Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan dan Mental?
Ilustrasi tennis (Eagle Media Pro on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga tenis kini makin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Popularitasnya didukung oleh para artis yang diketahui mulai mencoba olahraga tersebut. Tenis tidak hanya menjadi aktivitas olah tubuh saja, namun sebagai pereda stres yang cukup baik. Lalu, apa saja manfaat olahraga tenis?

 Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan

Patut diketahui, tenis adalah jenis olahraga permainan yang menyerupai badminton dengan melibatkan setidaknya dua pemain yang masing-masing memegang raket untuk memukul bola tenis hingga jatuh di area lawan.

Olahraga ini dinilai cukup efektif melatih tubuh karena membuat semua anggota badan bergerak mulai dari tangan, kaki, bahkan badan atas hingga bawah. Kondisi ini yang ternyata bermanfaat untuk tubuh. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Olahraga tenis mampu membantu Anda membakar kalori hingga berdampak pada penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena gerak yang dilakukan saat tenis cukup intensif, dari badan atas hingga badan bawah. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, olahraga ini bisa jadi alternatif pilihan.

2. Menjaga Massa Otot

Dalam tenis ada gerakan mengayun, berlari, hingga melompat. Rangkaian gerak tersebut sangat umum dalam olahraga ini. Tidak hanya membantu membakar kalori, tenis juga membantu menjaga massa otot agar tidak mengalami penyusutan.

3. Melatih Tulang

American National Institutes of Health merekomendasikan olahraga tenis untuk menyehatkan tulang. Hal ini terjadi karena gerakan tenis yang variatif didukung oleh vitamin D yang didapat dari paparan sinar matahari saat Anda bermain tenis di luar ruangan. Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, pilih waktu terbaik seperti pagi hari sebelum pukul 12 siang.

4. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Saat berolahraga tenis, secara tidak sadar Anda melakukan gerakan aerobik yang akan membantu meningkatkan detak jantung. Latihan tersebut bermanfaat untuk kesehatan kesehatan kardiovaskular.

Saat detak jantung meningkat, oksigen dan aliran darah akan meningkat dan mampu terdistribusikan ke seluruh tubuh. Dengan begitu tenis yang dilakukan secara rutin mampu membantu sistem kardiovaskular bekerja secara maksimal.

5. Melatih Kontrol Motorik

Kontrol motorik adalah kemampuan untuk menyeimbangkan satu bagian tubuh ketika bagian tubuh lain bergerak. Kontrol motorik bisa ditingkatkan melalui permainan tenis. Kontrol motorik yang baik akan membantu pergerakan tubuh Anda lebih mudah dan enteng.

6. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Seorang pemain tenis dituntut untuk mengejar dan memukul bola yang dilempar lawan. Gerakan yang dibutuhkan untuk tujuan tersebut mampu membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga saat tubuh bergerak sedikit ekstrem tidak mudah cidera.

Manfaat Olahraga Tenis untuk Mental

Tenis tidak hanya berdampak baik pada kesehatan tubuh namun juga kesehatan mental. Manfaat yang akan dirasakan oleh Anda yang bermain tenis adalah sebagai berikut.

1. Terhindar dari Depresi

Tenis adalah olahraga kolektif yang membutuhkan kerja sama tim. Bertemu dengan petenis lain akan membantu mencegah depresi, terutama di kalangan pensiunan.

2. Terhindar dari Stres

Tenis bisa jadi hobi yang membantu meredakan stres. Dalam tenis Anda bisa meluapkan stres dengan gerak tubuh dan teriakan sehingga akan membantu Anda mendapatkan kesehatan mental.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Olahraga membantu tubuh memproduksi endorfin, yakni zat yang dihasilkan tubuh untuk membantu menghilangkan rasa sakit alami sekaligus bertanggung jawab atas perasaan senang setelah beraktivitas tertentu.

Itulah beberapa manfaat olahraga tenis untuk kesehatan tubuh dan mental. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.