Perawatannya Tergolong Mudah, Ini 5 Jenis Ikan Peliharaan untuk Pemula
Ilustrasi ikan peliharaan untuk pemula (Freepik/Freepic_diller)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memiliki hobi bermanfaat untuk kesehatan mental, menurut sejumlah penelitian bidang psikologi. Apabila Anda ingin memulai hobi baru dan menyukai warna-warni ikan cantik, berikut daftar ikan peliharaan untuk pemula. Sebelum memilihnya, siapkan kebutuhan hidupnya, seperti akuarium, filter atau penjernih air, aerator, lampu akuarium, dan kebutuhan lainnya.

Penting untuk diperhatikan, memelihara akuarium membutuhkan perawatan. Tetapi untuk ikan jenis yang mudah dirawat berikut ini, cocok untuk pemula.

1. Ikan mas

Spesies ikan dengan nama ilmiah Carassius auratus ini banyak sekali varietasnya. Bagi pemula, pilih yang ikan mas berbadan panjang, termasuk varietas komet, sarasa, dan shubunkin. Ikan mas komet, banyak variasi warnanya. Mulai dari oranye, emas, abu-abu, kebiruan, cokelat, kuning, putih, dan hitam. Anak ikan mas, awalnya berukuran kecil sekali hingga dapat tumbuh mencapai 14 inci. Sedangkan varietas ikan mas sarasa dan shubunkin, maksimal berukuran 8-10 inci.

ikan peliharaan untuk pemula
Ilustrasi ikan peliharaan untuk pemula (Freepik/Victor217)

2. Ikan cupang

Reputasi sebagai ikan yang mudah dipelihara, membuat ikan cupang banyak dipilih bagi pemula. Cupang bisa hidup lama, asalkan mereka bahagia, kebutuhannya tercukupi, dan akuarium yang mencukupi.

Sebagai ikan tropis, ikan cupang harus berada pada suhu 26-28 derajat Celcius. Semakin besar volume air, semakin mudah Anda mengatur suhu air. Ketika memelihara ikan cupang, gunakan filter air yang sesuai dengan ukuran akuarium. Anda bisa memasukkan dekorasi cantik dalam tempat hidupnya. Tetapi hindari dekorasi yang tajam karena dapat melukai siripnya.

Perlu Anda ketahui, sesama cupang jantan sering bertarung. Jadi pisahkan sesama jantan atau satukan dengan cupang betina. Soal warna, Anda bisa memilih sesuai selera. Mulai dari warna cerah seperti merah, hijau, ungu, dan biru.

3. Ikan neon tetras

Warna biru cerah yang cantik melesat begitu indahnya dalam akuarium kalau memelihara ikan ini. Neon tetras atau Paracheirodon innesi merupakan ikan yang suka bergerombol. Biasanya, mereka berenang kesana-kemari mengitari akuarium secara bergerombol. Ukurannya kecil, maksimal hanya satu setengah inci atau sekitar empat sentimeter. Meski banyak variasi warna, tetapi selalu bergaris biru kehijauan yang membentang antara mata hingga sirip ikan neon tetras.

4. Ikan molly

Ikan molly bisa beranak-pinak dengan cepat. Karena meski Anda hanya memelihara satu atau dua dalam akuarium, berpeluang 50 persen hamil. Pembuahan terjadi secara internal, jadi tak terlihat kalau mereka sedang menyimpan banyak telur di dalam perutnya. Ikan ini sangat mudah dirawat dan terdapat berbagai variasi warna. Paling banyak tersedia, ialah ikan molly warna hitam dan merah.

5. Ikan zebra

Motifnya seperti namanya, garis-garis hitam dan putih horizontal seperti zebra di sepanjang tubuh mereka. Melansir The Spruce Pets, Rabu, 14 September, ikan zebra merupakan ikan tropis yang tidak membutuhkan suhu air hangat. Mereka bisa hidup pada suhu 21 derajat Celcius.

Itulah kelima ikan peliharaan untuk pemula dan tergolong mudah perawatannya. Tertarik untuk mencoba hobi baru ini?