Kiat Menata Rumah dan Koleksi Tanaman dengan Konsep <i>Urban Jungle</i>
Ilustrasi Urban Jungle (Beazy/Unplas)

Bagikan:

JAKARTA - Sekarang ini segala tanaman-tanaman sedang digemari banyak orang. Meski memang sejak lama telah jadi bagian dari dekorasi rumah, kini makin banyak yang punya koleksi tanaman cantik dan membuat konsep dekorasi urban jungle di rumah. Desain urban jungle ini memang seperti memindahkan 'hutan' ke rumah, sangat cocok buat Anda yang ingin memiliki hunian dengan jumlah tanaman yang tidak malu-malu. 

Buat Anda yang lagi keranjingan tanaman dan tertarik juga sama desain interior ala urban jungle, yuk ikut tips berikut ini! 

Dinding warna putih

Karena di rumah akan banyak tanaman, memang sebaiknya pilih warna dinding yang netral seperti putih. Selain memberikan kesan bersih, rumah juga jadi tetap kelihatan cerah dan warna-warna tanaman bisa lebih tampak stand out. tidak disarankan memilih warna dinding gelap karena kurang cocok dengan konsep urban jungle itu sendiri. 

Isi rumah dengan berbagai jenis tanaman

Pastinya Anda bisa mengisi rumah dengan koleksi tanaman. Jenisnya bebas sesuai selera, semakin beragam tentu makin baik. Kalau biasanya tanaman hanya jadi penghias area halaman atau kebun, pada konsep urban jungle ini Anda benar-benar bisa menghiasi segala penjuru rumah dengan tanaman. 

Anda bisa menaruh tanaman ini di setiap sudut rumah, halaman, ruang keluarga, balkon, dapur, bahkan sampai kamar mandi! Pastikan menatanya dengan rapi ya agar tetap terlihat sedap dipandang. 

Nah, kalau Anda hanya suka konsep urban jungle tapi tidak begitu bisa merawat tanaman, bisa juga memanfaatkan tanaman artificial yang berkualitas karena kalau dilihat sekilas, mirip dengan tanaman asli. Boleh dicampur juga antara tamanan asli dan palsu ya! 

Pilih pot-pot unik

Sekarang ini bentuk-bentuk pot sangat beragam dan lucu-lucu untuk mempercantik rumah. Anda juga mesti pintar-pintar memilih variasi pot untuk tanaman Anda. Bisa pilih berbagai bentuk dan warna biar tidak monoton ya! 

Tambahkan unsur kayu

Biar isi rumah tidak terkesan hanya tanaman, Anda bisa menambahkan unsur kayu pada furnitur, seperti meja, kursi, dan lemari. Warna-warna kayu dipadukan dengan koleksi tanaman akan sangat cocok sekali. Jadi memberikan kesan hangat juga di rumah urban jungle

Hewan peliharaan

Selain tanaman, Anda juga bisa memiliki hewan peliharaan misalnya ikan hias kecil yang bisa ditaruh dalam akuarium mini. Kalau mau lebih ekstra, bisa Anda bisa membuat aquascape. Memelihara ikan cupang di dalam jar juga bisa jadi pilihan yang sedang trendy lho.