Tips Anti Gemuk untuk Si Hobi Kuliner
Ilustrasi makan taco (Unsplash/Jarritos Mexican Soda)

Bagikan:

Hobi kuliner sering membuat dilema, antara ingin mencicipi berbagai jenis makanan tetapi takut berat badan naik. Bagi yang punya hobi kuliner, tenang saja. Ada beberapa rahasia agar berat badan tetap terjaga. Bonusnya saat mempraktikkan tips di bawah ini adalah tubuh Anda bisa semakin sehat.

Lebih banyak gerak

hobi kuliner tapi takut gemuk
Ilustrasi jalan kaki (Unsplash/Arek Adeoye)

Tubuh malas padahal porsi makanan lebih dari yang dibutuhkan ialah penyebab berat badan naik. Artinya, makan dan gerak perlu seimbang. Ketika mengonsumsi berbagai variasi kuliner, usahakan lebih banyak gerak.

Jika memungkinkan, tambah level workout agar tumpukan lemak diproses menjadi energi. Bisa juga diisi dengan aktivitas di rumah, misalnya membersihkan rumah, naik turun tangga, jalan sekitar perumahan, dan bercocok tanam.

Mengenali komposisi makanan

hobi kuliner tapi takut gemuk
Ilustrasi dua menu (Unsplash/Conscious Design)

Di sekitar Anda ada berbagai variasi kuliner? Jika ya, kenali komposisi dan cara mengolahnya. Ini jadi penting sebab makanan bergizi tinggi nutrisi perlu diolah dengan tepat. Pertimbangkan juga kandungan protein, karbohidrat, gula, dan garam pada makanan yang dipesan.

Sering makan tetapi porsi sedikit

hobi kuliner tapi takut gemuk
Ilustrasi semangkuk sup (Unsplash/Hanna Balan)

Tak masalah sering makan, tetapi porsi sedikit. Kebiasaan ini perlu diterapkan ketika berwisata kuliner. Bisa juga memesan satu menu untuk beberapa orang.

Kunyah makanan sampai halus

Cita rasa makanan jadi hal utama ketika kuliner. Tips agar tak tambah berat badan bagi pecinta kuliner, kunyah makanan sampai halus. Cermati cita rasa yang terkandung pada makanan. Lebih penting lagi bahwa mengunyah makanan sampai halus akan membantu otak mengenali rasa kenyang.

Cukup minum air putih

hobi kuliner tapi takut gemuk
Ilustrasi air mineral dingin (Unsplash/Greg Rosenke)

Ukuran cukup minum bagi setiap orang akan berbeda-beda. Tergantung aktivitas dan kebutuhan tubuh masing-masing. Agar tubuh tetap terhidrasi baik dan sistem metabolisme lancar, pastikan cukup minum putih. Cara ini juga bermanfaat mengatasi keinginan makan porsi besar.

Minum teh hijau

hobi kuliner tapi takut gemuk
Ilustrasi the hijau (Unsplash/Jia Ye)

Konsumsi banyak varian makanan membutuhkan penyeimbang supaya tidak mudah terserang penyakit. Teh hijau bermanfaat menurunkan risiko diabetes, meningkatkan pembakaran lemak, dan meningkatkan metabolisme.

Rutin minum teh hijau bisa dilakukan supaya tubuh tetap sehat dan berat badan tidak naik selagi menjalani hobi kuliner.

Menjaga pola tidur dan hormon seimbang

hobi kuliner tapi takut gemuk
Ilustrasi bangun tidur (Unsplash/mr lee)

Mengutip dari Smart Health, agar berat badan tidak mudah naik meski banyak makan, Anda perlu menjaga pola tidur dan tingkat hormon tetap seimbang.

Pola tidur tidak seimbang berkaitan dengan porsi makan, dipicu oleh dua hormon yaitu leptin dan ghrelin. Leptin ada pada teh hijau dan kayu manis, berfungsi menekan nafsu makan. Sedangkan ghrelin, dapat memicu rasa lapar dan produksi kortisol berlebih sehingga tak bisa tidur tepat waktu.