7 Hobi Sederhana yang Mampu Meningkatkan Kecerdasan
Ilustrasi hobi yang mencerdaskan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Memiliki hobi tentu bisa mengikis kebosanan. Disamping itu, menekuni hobi tertentu juga mampu meningkatkan kecerdasan. Apa saja hobi yang paling senang kamu tekuni hingga saat ini?

Beberapa list berikut, adalah hobi yang bermanfaat mengasah intelegensi. Jika salah satu diantara tujuh ini sering kamu lakukan, maka kesempatan meningkatkan kecerdasan bisa digayuh.

Membaca

Ilustrasi membaca buku (Pexels/Leah Kelley)
Ilustrasi membaca buku (Pexels/Leah Kelley)

Berbagai bahan bacaan tentu akan mengasah otak. Seperti yang dilansir oleh LifeDev bahwa membaca bisa membantu berbagai aspek kecerdasan. Pertama, untuk mendapatkan nilai tinggi, tentu membaca adalah satu cara untuk menggali serta mendapatkan pengetahuan.

Anne E. Cunningham dalam jurnalnya yang berjudul What Reading Do For the Mind mengatakan bahwa membaca mampu mempertajam pikiran. Membaca juga aktivitas yang dilakukan berbagai usia. Artinya, menekuni hobi membaca mampu meningkatkan kecerdasan disegala usia.

Menulis

Ilustrasi menulis (Pexels/Lisa Fotios)
Ilustrasi menulis (Pexels/Lisa Fotios)

Setara dengan membaca, menulis juga bermanfaat meningkatkan memori. Ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan tahun 2014. Dalam jurnal Scientific American, mahasiswa yang membuat catatan di kelas memiliki ingatan yang lebih baik. Apa yang dipelajari dipahami dan dituliskan dalam catatannya adalah satu cara mempertajam ingatan.

Traveling

Globe (Pexels/Porapak Apichodilok)
Ilustrasi globe (Pexels/Porapak Apichodilok)

Aktivitas yang satu ini tak diragukan lagi membuat hati senang. Melakukan perjalanan ke tempat baru atau destinasi tertentu tentu saja membutuhkan kecerdasan. Misalnya, mengenali tempat baru dan berbagai situasinya. Ini mengasah skill sosial, komunikasi dan cara beradaptasi.

Hobi traveling membuat seseorang jadi pintar. Tak hanya pintar karena telah mendapatkan berbagai informasi yang tidak di dapat dari buku. Traveling juga membuat seseorang lebih banyak akal, cerdas dan lincah.

Bermain game

Ilustrasi game (Pexels/Cottonbro)
Ilustrasi game (Pexels/Cottonbro)

Ada berbagai jenis game, salah satunya game strategi dapat membuat otak seseorang cenderung terasah. Bermain game bisa meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Dengan aktivitas ini pula, logika juga semakin tajam.

Olahraga

Ilustrasi tenis meja (Pexels/Josh Sorenson)
Ilustrasi tenis meja (Pexels/Josh Sorenson)

Darah yang membawa oksigen akan terhambat mengalir jika tak pernah bergerak. Gerakan olahraga membuat tubuh menjadi semakin cerdas. Tak hanya strategi otak, refleks tubuh, kecepatan dan ketepatan akan meningkat pula.

Bermusik

Ilustrasi bermusik (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi bermusik (Pexels/Karolina Grabowska)

Peneliti di Universitas Zurich menemukan bahw memainkan alat musik bisa menguatkan otak. Seperti yang kita tahu, mendengarkan atau memainkan musik membutuhkan skill. Jika skill semakin terasah, kecerdasan otak pun juga meningkat.

Menggambar

Ilustrasi melukis (Pexels/Craig Adderley)
Ilustrasi melukis (Pexels/Craig Adderley)

Dua penelitian ilmiah yang menemukan bahwa hobi menggambar mampu menignkatkan kecerdasan. Pertama, penelitian tahun 2016 yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Yale. Penelitian ini menemukan bahwa menggambar, membuat sketsa dan yang berkaitan dengan memindahkan kata menjadi bentuk lain dapat membantu memperkuat daya ingat.

Kedua, profesor emeritus di Universitas Oregon –Dr Michael Posner menemukan bahwa seni dapat meningkatkan fungsi kognitif. Ini berpengaruh pada peningkatan konsentrasi. Disamping itu, hobi yang berkaitan dengan imajinasi dapat juga meningkatkan kreativitas seseorang.