Manfaat <i>Skipping</i> bagi Tubuh yang Tak Kalah Penting dengan <i>Jogging</i>
Ilustrasi (Gabby K/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Skipping atau lompat tali jadi salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan. Hanya dengan tali yang panjang, olahraga ini dapat dilakukan dimana saja, baik indoor maupun outdoor.

Selain mudah, skipping juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah efektif untuk membakar lemak dalam tubuh. Selain itu apa lagi? Berikut VOI rangkum lima manfaat skipping untuk tubuh yang sebaiknya diketahui supaya semakin yakin untuk mencoba.

Mengencangkan otot tubuh dan kekuatan tulang

Ternyata, olahraga ini mampu meningkatkan semua tendon dan ligamen pada otot sebagai efek dari lompatan, seperti pada otot kaki dan bagian bawah tubuh. Namun, skipping juga mampu mengencangkan otot lengan dan bahu karena tangan yang berfungsi sebagai poros dengan gerakan memutar untuk menggerakan tali skipping. Selain itu, tulang akan semakin padat sehingga dapat mengurangi risiko osteoporosis.

Membakar hingga 1.600 kalori

Skipping merupakan salah satu olahraga yang dipilih oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh ketegangan yang bermanfaat pada setiap otot tubuh saat berada di udara ketika melakukan lompatan.

Asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk rata-rata setiap orang adalah sekitar 2.000 kalori dan untuk menurunkan berat badan, Anda dapat melakukan olahraga ini dalam satu jam untuk membakar 1.600 kalori yang diseimbangkan dengan melakukan diet sehat.

Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Olahraga ini bermanfaat untuk kesehatan jantung karena membantu sirkulasi peredaran darah dalam menyalurkan oksigen dan nutrisi yang dialirkan. Denyut jantung akan meningkat dan ototnya terlatih untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah.

Meningkatkan stamina dan fokus

Saat menggunakan skipping, harus terdapat kesamaan antara waktu melompat dan menyentuh tanah. Hal ini membutuhkan tingkat fokus dalam diri secara berlebih. Oleh karena itu, otak Anda akan terlatih untuk bekerja lebih cepat yang juga dibantu dari usaha mengkoordinasikan keseimbangan tubuh dengan baik.

Memperbaiki kesehatan mental

Tak hanya bermanfaat untuk fisik, skipping juga dapat memperbaiki kesehatan mental dengan melepaskan hormon endorfin, yakni hormon yang dapat membantu meredakan suasana hati yang buruk dan memicu perasaan positif. Oleh karena itu, perasaan Anda akan terasa lebih lega setelah melakukan aktivitas ini.