7  Latihan Otot Kaki yang Bisa Dilakukan di Rumah dan Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi latihan otot kaki (Unsplash /Bradley Dun)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Latihan otot kaki sangat penting untuk dilakukan karena dapat menunjang aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berlari dan menaiki tangga. Selain itu, otot kaki yang kuat bisa membuat Anda berjalan lebih tegak dan berdiri kokoh.

Hanya saja, tak sedikit orang yang lupa melatih otot kakinya ketika berolahraga karena lebih fokus mengecilkan otot perut dan mengencangkan lengan.

Nah, agar otot kaki Anda senantiasa sehat dan kuat, ada beberapa latihan otot kaki yang mudah dipraktikkan di rumah. Apa saja?

7 Latihan Otot Kaki yang Mudah Dipraktikkan

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut beberapa latihan otot kaki untuk menjaga kestabilan, daya tahan tubuh, meningkatkan kecepatan, dan kelancaran sendi.

1. Jogging

 Ilustrasi jogging
Ilustrasi jogging (Unsplash-Chander R)

Jogging atau lari santai merupakan latihan otot kaki yang praktis dan amat mudah dilakukan. Olahraga jogging bisa memberikan efek penguatan pada kaki, serta efektif untuk membakar lemak.

Dengan berlari santai, betis, paha, lutut, pantat, hingga otot perut bagian bawah bisa terlatih dengan optimal.

2. Calf Raise

Latihan otot kaki yang kedua adalah calf raise. Latiha ini bisa memperkuat ototo betis kaki serta meningkatkan stabilitas pergelangan kaki.

Cara melakukan calf raise sangat mudah. Anda cukup berdiri tegak, kemudian berjinjit dan menahannya beberapa detik sebelum merilekskan kembali. Jika ingin menambah beban, Anda cukup memegang barbell kecil ketika melakukan calf raise.

3. Skipping

Latihan otot kaki yang juga praktis dilakukan di rumah adalah skipping. Olahraga ini bisa memperkuat otot kaki serta kemampuan untuk menstabilkan diri. Kendati terlihat sederhana, skipping ternyata cukup efektif untuk membakar kalori.

4. Squat

Ilustrasi squat
Ilustrasi squat (Unsplash/Sergio Pedemonte)

Dikutip dari WebMD, latihan squat bisa memberikan efek ke semua otot tubuh bagian bawah, termasuk otot kaki.

Untuk melakukan squat, Anda cukup berdiri sambil melebarkan kaki hingga sejajar dengan bahu. Kemudian, turunkan pinggul seperti posisi jongkok. Setelah itu, kembali berdiri, gerakan dilakukan berulang-ulang.

5. Bridge

Bridge berfungsi untuk melatih otot kaki bagian hamstring serta mengencangkan otot pantat. Cara melakukan bridge sebagai berikut:

  • Tidur dengan posisi terlentang
  • Letakkan tangan di samping badan dengan lurus
  • Menekuk lutut
  • Angkat badan dengan tangan menempel di atas karpet, lalu angkat bagian pinggang dan luruskan bagian lutut, paha, hingga perut bagian atas.

6. Naik Turun Tangga

Naik-turun tangga ternyata merupakan salah satu latihan untuk memperkuat otot kaki. Olahraga ini memiliki dampak yang besar dan tentu saja sangat mudah dilakukan.

Apabila dirumah Anda tak ada tangga, bisa menggunakan objek lain yang bisa memberikan peran serupa.

Latihan ini bisa berdampak pada otot panggul, otot pantat, dan betis. Oleh sebab itu, jika latihan naik-turun tangga dilakukan secara rutin, kekuatan kaki akan bertambah besar dan daya tahanya akan semakin tinggi.

7. Lunges

Lunges merupakan latihan otot kaki yang mirip dengan squat. Bedanya, lunges dilakukan dengan posisi kaki yang tidak sejajat. Satu kaki ditahan di tempat, dan kaki lain melangkah ke depan.

Selanjutnya, tutunkan badan hingga lutut menyentuh lantai, kemudian kembali berdiri tegak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan latihan ini secara berulang kaki dan dengan kaki yang bergantian.

Latihan lunges bisa memperkuat otot kaki bagian atas dan bawah secara bersamaan.

Demikianlah tujuh latihan otot kaki yang bisa dilakukan di rumah dan mudah dipraktikkan. Selamat mencoba!