Sederhana! Cara Melatih Otot Paha di Rumah, Lakukan Gerakan Ini
Ilustrasi gerakan mengencangkan otot paha (Unsplash/Sergio Pedemonte)

Bagikan:

JAKARTA – Cara paling potensial untuk mengecilkan paha adalah dengan melatihnya terus-menerus sehingga otot mengencang dan tidak bergelambir. Meskipun ukurannya besar, tetapi jika otot kencang akan terlihat seksi.

Sebenarnya, ukuran besar pada betis maupun paha tidak selalu karena tumpukan lemak. Latihan atau olahraga dengan gerakan tertentu juga membuatnya tanpak lebih penuh. Nah, gerakan tersebut juga bermanfaat mengecangkan meski butuh waktu yang tidak sekejap agar terlihat singset.

Ingin melatih otot paha di rumah dengan gerakan sederhana? Berikut rekomendasi gerakannya.

Jumping jacks

Gerakan pertama disebut dengan  jumping jacks. Arahannya, Anda dapat mengangkat tangan ke atas kepala dengan posisi lurus serta melebar. Posisi kedua kaki terbuka, melompat lalu lutut ditekuk sehingga terasa mengangkang. Jumping jacks bisa dilakukan sedikitnya 8 kali.

Pile squats

Masih dengan gerakan yang tidak membutuhkan peralatan. Gerakan yang kedua adalah pile squats. Apa bedanya dengan squats? Gerakan ini mengambil posisi freeze selama beberapa detik dalam posisi setengah jongkok.

Ini menimbulkan efek mengencangkan pada betis dan keseluruhan paha termasuk paha bagian dalam. Untuk melakukan gerakan ini, pastikan memakai pakaian yang memiliki sirkulasi baik atau menyerap keringat. Sebab, bagian kaki dan tubuh bagian atas akan banjir keringat.

Pertama, ambil posisi berdiri tegak dengan tangan di pinggang. Kedua, berdiri tegak dan kedua kaki terbuka. Ketiga, perlahan turunkan pantat seperti setengah jongkok. Jaga punggung tetap lurus dan tahan pinggul seimbang dengan tulang belakang.

Posisi tersebut ditahan hingga beberapa detik dan angkat kembali pantat dan pinggul atau berdiri pada posisi semula. Gerakan pile squats bisa dilakukan sebanyak 10 kali.

Step-up

Selanjutnya, gerakan step-up mirip seperti gerakan naik turun tangga. Step-up bisa bermanfaat mengencangkan otot paha bagian belakang dan depan. Cara melakukan gerakan ini, pertama pilih area yang memiliki tangga setinggi 20 sentimeter. Bisa juga dengan bangku kayu yang kokoh.

Kedua, angkat satu kaki dan kaki satunya tetap di posisi bawah. Gerakan ini seolah akan naik tangga tetapi tidak sampai melangkahkan kaki. Ulangi setiap kaki tumpuan sebanyak 8 kali.

Mengencangkan otot paha

Meski posisinya terasa merilekskan punggung, gerakan keempat ini cukup menantang dan tak kalah membuat berkeringat dibanding gerakan-gerakan sebelumnya. Cara melakukannya, siapkan matras atau alas yang membuat punggung sebagai tumpuan terasa nyaman.

Lalu ambil posisi telentang dengan tangan di samping badan. Kemudian angkat kedua kaki lurus ke atas dan turunkan satu per satu kaki menyamping ke kanan atau kiri dengan tetap posisi lurus. Setelah melakukan sebanyak 15 kali setiap posisi, keringat bisa membasahi sekitar kaki dan tubuh.

Lari dan bersepeda

Kedua olahraga ini tentu taka sing bagi Anda. Gerakan pada olahraga lari dan bersepeda juga mengencangkan otot kaki secara keseluruhan, termasuk memadatkan otot paha.

Sebelum melakukan seluruh gerakan termasuk olahraga lari dan bersepeda, Anda disarankan untuk melakukan peregangan terlebih dahulu. Peregangan atau pemanasan perlu dilakukan untuk meminimalisir kram.