Cara Mengatasi Kulit Bergelambir Setelah Diet Berhasil
Ilustrasi Kulit Kencang (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Diet kerap jadi salah satu cara paling digemari untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara teratur, lemak dalam tubuh bisa terbakar dan membuat tubuh jadi lebih ideal.

Namun, di saat mengalami penurunan berat badan, kulit kerap menjadi kendur dan tidak elastis lagi. Sehingga tidak jarang hal ini buat diri tampil kurang percaya diri. Lalu, bagaimana cara menyiasatinya?

Latihan massa otot

Melakukan latihan massa otot secara teratur bisa jadi salah satu cara efektif untuk membuat kulit kencang setelah diet. Tak hanya itu, cara ini juga membantu membakar kalori lebih banyak daripada teknik lain. Karenanya, cobalah memilih olahraga yang sekaligus meningkatkan massa otot dari awal.

Konsumsi kolagen

Kolagen hidrolisat sangat mirip dengan gelatin. Ini adalah bentuk olahan dari kolagen di jaringan ikat hewan. Melansir laman Healthline, penelitian menunjukkan bahwa kolagen hidrolisat mungkin memiliki efek perlindungan pada kolagen kulit.

Kolagen hidrolisat juga dikenal sebagai kolagen terhidrolisis. Hal ini bisa ditemui dalam bentuk bubuk dan dapat dibeli di toko makanan alami secara offline maupun online. Selain itu, sumber kolagen populer lainnya adalah kaldu tulang. Kaldu tulang juga memiliki manfaat untuk kesehatan selain mengencangkan kulit.

Konsumsi nutrisi tertentu dan tetap terhidrasi

Untuk mengencangkan kulit, tubuh membutuhkan bantuan nutrisi dari sumber makanan dan minuman. Di antaranya:

Protein: Protein sangat penting untuk kesehatan kulit. Asam amino lisin dan prolin berperan langsung dalam produksi kolagen.

Vitamin C: Vitamin C dibutuhkan untuk sintesis kolagen dan juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Asam lemak omega-3: Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa asam lemak omega-3 pada ikan berlemak dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Air: Tetap terhidrasi dengan baik dapat meningkatkan penampilan kulit. Satu studi menemukan bahwa wanita yang meningkatkan asupan air harian mereka mengalami peningkatan signifikan dalam hidrasi dan fungsi kulit.

Krim Kulit

Selain perawatan dari dalam, ada juga bantuan dari luar yang bisa membuat kulit lebih kencang setelah diet. Salah satunya adalah dengan menggunakan krim dengan kandungan kolagen dan elastin. 

Namun, ada baiknya untuk tetap mendorong pembentukan kolagen dari dalam tubuh sehingga krim ini bisa diserap dengan baik.