Tanpa Pakai Krim, Selulit Bisa Diatasi dengan 5 Cara Alami
Ilustrasi cara mengatasi selulit tanpa krim (Freepik/Master1305)

Bagikan:

JAKARTA – Selulit kerap sekali keliru dipahami, bahwa sebenarnya selulit merupakan tumpukan lemak pada lapisan serat kolagen atau jaringan ikat. Nah, karena kebiasaan yang enggak sehat, jaringan ikat bisa dilemahkan tumpukan lemak sehingga banyak terlihat gurat putih tak beraturan yang kita kenal dengan selulit.

Selain kebiasaan enggak sehat, penyebab lain yang tak perlu dikhawatirkan adalah perubahan hormon. Ini juga menyebabkan temuan bahwa selulit lebih banyak dialami oleh wanita karena setiap bulannya –atau pada siklus menstruasi- mengalami perubahan hormon.

Jaringan ikat terletak di bawah kulit, bisa terlihat di titik tertentu yang mana selulit terlihat. Seperti pada area bokong, paha, lengan, perut, dan bagian bawah punggung. Disamping kebiasaan enggak sehat dan menurunnya hormon estrogen, dilansir Time, Senin, 3 Januari, faktor genetik juga memengaruhi selulit. Maka, tak perlu khawatir hingga memengaruhi rasa percaya diri Anda. Selanjutnya, Anda bisa mengatasi dengan cara alami atau tanpa menggunakan krim seperti berikut di bawah ini.

1. Menyikat tubuh

Cara ini dikenal dengan dry body brushing atau menyikat tubuh dalam kondisi kering. Atau bisa dengan memijat bagian tubuh dengan alat pijat bergerigi tumpul yang bermanfaat membantu meningkatkan sirkulasi dan drainase limfatik. Melakukan cara ini bisa megurangi peradangan dan memperkuat jaringan ikat dan mengatasi selulit.

Saran dokter kulit dilansir The Body Clinic UK, body brushing bisa dilakukan 2-3 kali seminggu menggunakan sikat kering dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 5 menit.

cara mengatasi selulit
Ilustrasi cara mengatasi selulit (Freepik/PvProduction)

 

2. Memakai lulur kopi

Kafein dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi muncunya selulit pada kaki dan bokong. Selain mengatasi selulit, lulur kopi bisa merangsang kulit supaya lebih kencang, meningkatkan aliran darah, dan menghidrasi.

Ditambah lagi, kopi kaya akan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi visibilitas selulit yang buruk.

3. Cukup minum air mineral

Tubuh yang cukup terhidrasi bisa membantu mengeluarkan racun, mendorong sirkulasi yang baik, menjaga sistem limfatik, dan membantu kulit tetap segar.

4. Perbaiki pola makan

Makanan tertentu dapat membantu mencegah selulit. Makanan tersebut antara lain brokoli, teh hijau, jeruk, dan asparagus. Semua makanan tersebut bersigat anti selulit, selain Anda perlu mengimbangi dengan pola makan yang sehat serta pilih makanan segar alih-alih makanan olahan.

Pada dasarnya, diet bukan bertujuan untuk kesehatan tetapi juga mendukung kulit mulus Anda. Jalani diet dengan banyak konsumsi makanan berwarna-warni seperti sayuran hijau, ikan, alukat, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

5. Tubuh aktif bergerak

Kebiasaan buruk yang duduk terus seharian tanpa bergerak aktif membuat tak hanya kesehatan menurun tetapi juga penumpukan lemak pada jaringan ikat bertambah. Anda tak harus setiap hari melakukan gym, tetapi cobalah berjalan 10.000 langkah setiap harinya.

Berjalan dari meja kerja ke toilet, ke balkon cari hawa segar ataupun dari tempat kerja menuju parkiran dan rute lainnya, bisa mengurangi keluhan berkaitan dengan penyebab munculnya selulit pada kulit.