Sebaiknya Hindari, Ini 5 Daftar Mankanan yang Bisa Sebabkan Selulit
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Selulit adalah salah satu masalah kulit yang sering dihadapi wanita. Keberadaan lemak ekstra di paha, pinggul, dan bokong dapat mengurangi kecantikan kulit.

Selulit tidak hanya berhubungan dengan orang obesitas, namun juga muncul di tubuh orang yang berperawakan kurus.

Salah satu penyebab selulit adalah konsumsi makanan yang salah. Melansir Eat This, Jumat, 6 Januari, berikut daftar makanan yang bisa sebabkan selulit.

Minuman bersoda

Beberapa peneliti berpendapat bahwa resistensi insulin bisa jadi faktor penyebab munculnya selulit. Kelebihan asupan gula dapat membuat dinding arteri dan pembuluh darah kehilangan elastisitasnya dan membentuk selulit. Untuk itu, kurangi asupan makanan dan minuman manis seperti soda karena takaran gula dalam minuman bersoda cukup tinggi.

Es krim

Makanan tinggi lemak tidak hanya berfungsi menambah kalori yang berkontribusi pada penambahan berat badan. Tapi juga bisa membuat kulit Anda rentan terhadap selulit. Makanan olahan susu penuh lemak seperti es krim merupakan sumber kalori dan lemak jenuh yang perlu Anda hindari jika ingin kulit bebas selulit.

Roti tawar

Roti memiliki rasa yang tidak asin, namun kandungan natrium dalam makanan satu ini cukup tinggi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), baik roti tawar maupun roti gulung merupakan makanan karbohidrat olahan dengan jumlah natrium yang dapat menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi rutin. Tubuh gemuk merupakan asal muasal selulit.

Sup kalengan

Sumber natrium yang bisa sebabkan kegemukan lainnya adalah sup kalengan. Penting diketahui, jumlah natrium yang terdapat dalam satu kaleng sup melebihi batas takaran jumlah konsumsi natrium harian. Cairan tubuh yang tertahan akibat konsumsi terlalu banyak natrium dapat mengakibatkan selulit. Jadi periksalah label komposisi sup dengan cermat sebelum membeli.

Pastry

Punya rasa lezat, sayangnya kudapan manis seperti pastry menyimpan nutrisi yang kurang baik bagi kesehatan dan pemicu nomor satu timbulnya selulit. Pastry mengandung karbohidrat olahan, natrium, serta lemak tinggi. Sebaiknya pertimbangkan untuk kurangi konsumsi pastry apabila Anda ingin tubuh bebas dari selulit.