Bagikan:

YOGYAKARTA – Beberapa suplemen tertentu bisa menimbulkan efek pusing bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi suplemen sesuai aturan pakai yang tertera pada label obat agar tidak memunculkan efek samping. Lantas, apa saja suplemen yang bisa sebabkan kepala pusing? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Suplemen yang Bisa Sebabkan Pusing

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 22 Mei 2024, berikut ini adalah beberapa suplemen yang bisa sebabkan pusing bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

1. Vitamin A

Vitamin A yang dikonsumsi untuk memelihara kesehatan mata ternyata bisa menyebabkan pusing kepala jika dikonsumsi tidak sesuai anjuran.

Menyadur MayoClinic, selain menjaga kesehatan mata, manfaat vitamin A dalam bentuk suplemen adalah untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas yang berperan meningkatkan risiko penyakit kanker, jantung, dan lain sebagainya.

Meski begitu, Anda tidak disarankan mengonsumsi vitamin ini melebihi dosis harian yang disarankan, yakni sebesar 200 miligram agar tidak menumbulkan efek samping kepala pusing.

2. Melatonin

Melatonin juga termasuk suplemen yang bisa sebabkan pusing bila dikonsumsi secara berlebihan.

Menyadur laman Sleep Foundation, melatonin biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang mempunyai gangguan tidur.

Melatonin bisa tetap aktif di dalam tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama seiiring bertambahnya usia seseorang.

Selain menimbulkan efek samping kepala pusing, konsumsi melatonin secara berlebih juga bisa menyebabkan mual, kram perut, dan perubahan suasana hati dalam waktu singkat.  

Adapun dosis melatonin yang disarankan yakni sebesar 1-5 miligram per hari untuk orang dewasa.

3. vitamin C

Vitamin C adalah suplemen yang dapat mencegah kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas. Selain itu, vitamin ini juga membantu tubuh menyerap zat besi menjadi lebih baik.

Meski kaya manfaat, asupan suplementasi vitamin C tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala atau kepala pusing, mual, muntah, diare, dan kram perut.

Adapun dosis vitamin C harian yang direkomendasikan yakni sebesar 75 miligram dengan batas maksimal 2.000 miligram.

4. Koenzim Q10

Suplemen penyebab kepala pusing yang selanjutnya adalah Koenzim Q10 alias CoQ10. Suplemen ini memainkan peran mendasar dalam produksi energi serta bertindak sebagai antioksidan kuat dengan pembentukan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, dikutip dari Healthline.

Untuk mencegah timbulnya efek samping, asupan Q10 sebaiknya tidak boleh lebih dari 1.000 mg per hari. Meski begitu, beberapa orang yang sensitif terhadap senyawa tersebut mungkin memiliki dosis aman yang lebih rendah ketimbang yang sudah disebutkan.

Demikian informasi tentang suplemen yang bisa sebabkan pusing kepala. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.