Sederet Manfaat Vitamin A untuk Kulit, Ketahui Jumlah yang Dibutuhkan Setiap Hari
Ilustrasi manfaat vitamin A untuk kulit dan jumlah vitamin A yang dibutuhkan tubuh (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Vitamin A merupakan nutrisi yang tidak hanya mendukung kesehatan kulit, tetapi juga mata, reproduksi, dan kekebalan tubuh. Vitamin A dalam produk hewani, seperti daging, unggas, dan produk susu disebut retinoid. Sedangkan yang dari sayuran dan buah-buahan, disebut karotenoid.

Retinoid dan karotenoid diubah menjadi retinol oleh hati. Kemudian disimpan di hati dan diangkut oleh sistem limfatik ke sel-sel tubuh tubuh. Karena sistem ini, kulit Anda bisa responsif terhadap retinoid yang dioleskan secara topikal. Terutama ketika tubuh Anda tidak cukup banyak menghasilkan retinoid.

Manfaat vitamin A untuk kulit bisa memperbaiki kerutan dan kulit kendur. Melansir Healthline, Rabu, 4 Januari, bukti menyarankan retinoid topikal untuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan merangsang produksi kolagen.Selain itu, retinoid seperti retinol juga dapat meningkatkan elastisitas dan kendur kulit dengan membantu menghilangkan serat elastin yang rusak dan mendorong angiogenesis, atau pembentukan pembuluh darah baru.

manfaat vitamin A untuk kulit
Ilustrasi manfaat vitamin A (Freepik/lookstudio)

Bahkan, manfaat vitamin A yang telah diolah menjadi retinoid, untuk kulit dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari lainnya. Diet tinggi karotenoid, seperti beta karoten, dapat membantu mencegah kerusakan sel, penuaan kulit, dan penyakit kulit. Karotenoid dari konsumsi banyak sayuran dan buah, juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari faktor lingkungan seperti polusi dan radiasi UV, yang juga dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit.

Selanjutnya, retinoid meningkatkan pergantian sel kulit. Jadi, mereka dapat membantu memperbaiki hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan, dan bintik matahari, plus menghasilkan warna kulit yang lebih merata secara keseluruhan.

Untuk membantu mengatasi jerawat, American Academy of Dermatology merekomendasikan retinoid topikal. Dengan begitu, retinoid dapat membantu pengelupasan kulit di permukaan, mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati dalam sel dari pori-pori untuk mencegah jerawat.

Pada kondisi khusus, seperti psoriasis, obat resep topikal dan oral yang digunakan untuk mengobati psoriasis mengandung vitamin A. Retinoid topikal mengurangi pembentukan bercak kulit yang terangkat dan pembentukan sitokin dan interleukin yang menyebabkan peradangan. Di samping itu, obat berbasis vitamin A, juga digunakan untuk mengobati limfoma sel T kulit atau sejenis kanker yang dapat menyebabkan perubahan kulit seperti ruam, kekeringan, gatal, dan penebalan.

manfaat vitamin A untuk kulit
Ilustrasi jumlah vitamin A yang dibutuhkan tubuh (Freepik/senivpetro)

Menurut Institut Kesehatan Nasional (NIH), orang yang berusia di atas 4 tahun harus mengonsumsi 400 mikrogram vitamin A setiap hari. Anda dapat memenuhi persyaratan ini dari sumber tumbuhan dan hewan. Retinoid dapat ditemukan pada produk hewani, seperti ikan salmon, hati sapi, produk susu termasuk susu, mentega, keju, telur, minyak ikan, hati, ikan kod, dan udang.

Karotenoid dapat ditemukan dalam produk tanaman, seperti wortel, tomat, ubi jalar, sayuran berdaun hijau, buah-buahan termasuk mangga, aprikot, dan prem. Jika Anda ingin mencoba vitamin A topikal, pilihan Anda meliputi krim, serum, dan minyak yang dirancang untuk membantu mengurangi munculnya kerutan pelembab tabir surya produk jerawat over-the-counter (OTC).

Menggunakan vitamin A dengan aman Vitamin A bukanlah pilihan yang tepat untuk semua orang. Terlalu banyak vitamin A oral atau topikal dapat menyebabkan efek samping. Bahkan bisa berbahaya, terutama bagi orang dengan kondisi kulit tertentu dan masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, apabila memakai vitamin A secara topikal maupun, perlu berkonsultasi pada dokter kulit terlebih dahulu.

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan harian, tidak hanya resep skincare topikal yang mengandung vitamin A yang dibutuhkan. Tetapi, makanlah makanan bergizi yang kaya akan antioksidan. Selain juga, tetap perlu memakai tabir surya setiap hari, hindari merokok, dan cuci muka setiap pagi dan sore. Ditambah lagi, lakukaan rutinitas perawatan kulit secara teratur sesuai dengan jenis kulit Anda.