6 Manfaat Asam Folat Selain untuk Ibu Hamil, Apa Saja?
Ilustrasi asam folat (Kate Hliznitsova/Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Asam folat atau vitamin B9 merupakan salah satu jenis suplemen yang dibutuhkan ibu hamil. Konsumsi asam folat selama masa kehamilan dapat mendukung daya tahan tubuh, mendukung pembentukan sistem organ dalam janin, serta membuat janin tetap tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam kandungan. Lantas, adakah manfaat asam folat selain untuk ibu hamil? Tentu saja ada!

Asam folat juga dapat memberikan beragam manfaat bagi orang dewasa dan anak-anak. Salah satu jenis vitamin B ini bida didapat dari bergam makanan yang mengandung banyak asam folat atau dalam bentuk suplemen.

Manfaat Asam Folat Selain untuk Ibu Hamil

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 17 Desember 2023, berikut sederet manfaat asam folat selain untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu mengatasi kekurangan sel darah merah

Asam folat adalah suplemen yang memiliki peranan penting dalam pembentukan sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, produksi sel darah merah akan berkurang dan meningkatkan risiko terjadinya anemia.

Selain membutuhkan asam folat, penderita anemia juga memerlukan asupan zat besi dan vitamin B12 yang cukup agar sel darah merah di dalam tubuh jumlahnya tidak berkurang.

2. Membantu proses pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh

Manfaat asam folat selain untuk ibu hamil yang berikutnya adalah membantu proses pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh.

Manfaat asam folat yang satu ini akan lebih optimal bila dikombinasikan dengan nutrisi lain, seperti protein, asam amino, vitamin B12, dan vitamin C.

Ragam nutrisi tersebut berperan penting dalam membentuk sel-sel tubuh yang rusak serta mendukung proses pemulihan tubuh ketika mengalami luka atau jatuh sakit.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Menurut sebuah riset, konsumsi asam folat dan nutrisi lain seperti asam amino, vitamin B12, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan selenium, dapat menjaga imunitas tubuh tetap kuat.

Saat asupan nutrisi tubuh terpenuhi, produksi sel darah putih akan berjalan lancar sehingga daya tahan tubuh tetap kuat dalam melawan kuman dan virus penyebab penyakit.

4. Mencegah gangguan jantung

Manfaat asam folat selain untuk ibu hamil yang lainnya adalah mencegah gangguan jantung.

Asupan asam folat dalam jumlah yang cukup dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh.

Ketika darah menggumpal, aliran darah ke jantung akan menjadi tidak lancar. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini dapat meningkatkan risiko gangguan jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.

5. Menurunkan risiko penyakit stroke

Manfaat lainnya dari asam folat adalah menurunkan risiko penyakit stroke. Sebagaimana diketahui, stroke adalah sebuah kondisi di mana pasokan darah ke otak berkurang karena ada penyumbatan atau pembuluh darah yang pecah. Dua hal ini disebabkan oleh kurangnya senyawa asam folat dalam tubuh, sehingga mengakibatkan gangguan di sistem saraf pusat.

5. Meningkatkan daya ingat

Manfaat asam folat selain untuk ibu hamil yang terakhir adalah dapat meningkatkan kemampuan daya ingat.

Jika seseorang mudah lupa, kondisi ini berarti aliran oksigen dan aliran sel darah merah ke otak terganggu. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi asam folat dalam dosis yang cukup.

Demikian informasi tentang manfaat asam folat selain untuk ibu hamil. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.