Kebutuhan Asam Folat Ibu Hamil Perlu Tercukupi, Ini 5 Penjelasannya
Ilustrasi kebutuhan asam folat ibu hamil (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Asam folat adalah bentuk folat atau vitamin B yang dibutuhkan setiap orang. Asam folat sangat penting bagi ibu yang sedang hamil atau menjalani program hamil. Lantas kenapa asam folat penting dan berapa banyak kebutuhan asam folat ibu hamil? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Asam folat membantu produksi sel darah merah

Asam folat dan folat membantu tubuh membuat sel darah merah baru yang sehat. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Nah, apabila tubuh tidak cukup sel darah merah, bisa mengalami anemia. Bagi perempuan subur, anemia karena defisiensi folat lebih sering dialami daripada oleh pria.

2. Asam folat melindungi janin dari cacat lahir

Asam folat dapat melindungi janin dari cacat lahir yang serius. Makanan yang mengandung asam folat tinggi untuk ibu hamil, di antaranya, sayuran hijau, jeruk, kacang-kacangan, dan sereal.

kebutuhan asam folat ibu hamil
Ilustrasi makanan yang mengandung asam folat tinggi untuk ibu hamil (Freepik/ Wirestock)

Bagi perempuan yang sedang promil atau dalam masa kehamilan, asam folat membantu mencegah jenis cacat lahir pada janin dan keguguran. Karena dilansir laman Office on Women’s Health, Rabu, 2 November, setengah dari semua kehamilan di Amerika Serikat tidak direncanakan dan ahli merekomendasikan perempuan memperoleh asam folat cukup meski tidak dalam program kehamilan.

Alasam kenapa kebutuhan asam folat untuk ibu hamil wajib tercukupi, berkaitan dengan penjelasan pertama. Yaitu karena asam folat membantu produksi sel darah merah agar tidak mengalami anemia defisiensi folat.

3. Kebutuhan asam folat pada perempuan

Setiap perempuan membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari. Kalau perempuan promil dans edang hamil, harus mendapatkan antara 400-800 mikrogram asam folat dari vitamin atau makanan yang tinggi akan kandungan tersebut.

Kebutuhan asam folat ibu hamil, cukup bervariasi. Karena wajib disesuaikan dengan riwayat kesehatan. Seperti perempuan yang hamil setelah mengalami keguguran atau janin cacat lahir, membutuhkan 4.000 mikrogram asam folat. Namun, untuk lebih presisi mengenai jumlah kebutuhan asam folat ibu hamil, Anda perlu konsultasi ke dokter kandungan ya.

kebutuhan asam folat ibu hamil
Ilustrasi asam folat untuk kesehatan perempuan, ibu hamil dan janin (Freepik)

4. Asam folat dibutuhkan setiap hari

Asam folat seperti yang dijelaskan di atas, merupakan vitamin B, yang larut dalam air. Larut dalam air artinya tidak tinggal dalam tubuh dalam waktu yang lama. Tubuh Anda memetabolisme atau menggunakan asam folat dengan cepat, sehingga tubuh membutuhkan asam folat setiap hari untuk bekerja dengan baik.

5. Apa saja makanan yang mengandung asam folat tinggi?

Folat bisa didapatkan secara alami pada beberapa makanan. Makanan yang mengandung asam folat tersebut meliputi bayam dan sayuran hijau tua lainnya, jeruk, kacang-kacangan, kacang potong, daging unggas (ayam, kalkun, dll), daging merah, dan biji-bijian utuh.

Kekurangan asam folat juga bisa dikenali lewat sejumlah gejala. Di antaranya, mengalami kelelahan, sakit kepala, kulit pucat, sariawan atau sakit pada mulut dan lidah. Kalau kebanyakan asam folat, sangat mungkin dialami jika minum terlalu banyak multivitamin atau suplemen yang mengandung folat. Dari konsumsi makanan alami, tidak mungkin mengalami kelebihan asam golat. Pada kondisi normal, tubuh tidak boleh mendapatkan 1.000 mikrogram asam folat setiap hari kecuali dokter meresepkannya.