10 Minuman Penambah Darah, Pilihan Asupan bagi Penderita Anemia
Ilustrasi minuman penambah darah (Unsplash/Alex Lvrs)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Anemia atau kekurangan darah dapat membuat seseorang merasa lemas, terlihat pucat, hingga sakit kepala. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Masalah kesehatan ini bisa diatasi dengan mengonsumsi minuman penambah darah.

Anemia dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti kekurangan produksi sel darah merah, rusaknya sel darah merah, aktivitas yang berlebihan, atau perempuan saat menstruasi. Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang penting diperhatikan dan perlu segera diatasi.   

Kondisi anemia sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, pekerjaan, studi, hingga hubungan dengan orang lain. Minuman penambah darah bisa menjadi solusi untuk mencegah dan mengatasi anemia. 

10 Minuman Penambah Darah 

Ada beberapa minuman yang dapat membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Minuman-minuman ini terbuat dari bahan sayur dan buah alami. Berikut daftar minuman yang cocok dikonsumsi penderita anemia atau kekuarangan darah.

Jus Bayam

Jus bayam merupakan salah satu minuman yang kaya akan nutrisi yang dapat menambah darah. Sayuran bayam memiliki kandungan zat besi, kalium, magnesium, serta vitamin C, B6, B2, K, dan E. Namun 

Jus Semangka

Semangka sudah sangat populer sebagai buah untuk menambah darah. Di dalm buah semangka terdapat kandungan zat besi yang mendorong pembentukan darah menjadi lebih cepat.  Jus semangka juga mengandung vitamin C yang berperan menyerap zat besi dan memperlancar alirah darah. 

Jus Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berfungsi membantu pembentukan sel darah dalam tubuh. Jus dari jambu biji juga mengandung potasium yang berperan menjaga tekanan darah tetap normal.

Air Jeruk

Jeruk mempunyai kandungan jenis vitamin B, yaitu asam folat. Nutrisi ini bermanfaat membantu tekanan darah dalam tubuh. Sementara kandungan vitamin C dalam buah ini dapat memperlancar penyerapan zat besi untuk dialirkan ke seluruh tubuh. 

Jus Wortel

Buah wortel memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat meredakan anemia. Nutrisi ini berperan mendorong zat besi di dalam tubuh untuk mengalir ke pusat pembuatan sel darah merah. Jus wortel dapat mengatasi anemia akibat defisiensi zat besi dan kekurangan vitamin A. 

Jus Buah Prune

Buah plum atau prune memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai penambah darah dalam tubuh. Satu gelas (240 ml) jus buah plum mengandung zat besi sekitar 3 mg. Jus buah plum yang dikonsumsi secara teratur dapat meredakan gejala anemia. 

Jus Mangga

Mangga adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin A. Nutrisi ini berperan mendorong proses produksi sel darah merah dalam tubuh. Minum jus mangga secara teratur dapat mencegah anemia dan membantu penambahan darah. 

Sari Kurma

Kurma juga menjadi buah yang dapat membantu penambahan darah dalam tubuh. Buah kurma mengandung antioksida yang sangat tinggi. Selain itu, di dalam buah ini juga terdapat kandungan zat besi. Nutrisi tersebut dapat mencegah kekurangan darah dan mendorong produksi sel darah merah.

Sari Kacang Hijau

Kacang hijau biasanya dianjur sebagai minuman konsumsi bagi ibu hamil dan pasien anemia. Sari kacang ijo memiliki manfaat menambah darah merah dalam tubuh. Kacang hjiau memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin atau sel darah. 

Jus Anggur

Buah anggur mengandung vitamin A dan asam folat yang berperan memperlancar produksi sel darah dalam tubuh. Jus buah anggur dapat menjadi minuman pilihan untuk meningkatkan darah dan mencegah anemia. 

Itulah beberapa minuman penambah darah yang bisa dipilih oleh penderita anemia. Bagi orang yang kekurangan darah, konsumsi minuman-minuman tersebut perlu dilakukan secara rutin agar darah dalam tubuh meningkat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.